Categories
Makanan Sehat

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat alpukat bagi kesehatan sudah menjadi rahasia umum.  Memang buah bernama latin Persea Americana ini, sejak lama dipercayai bermanfaat untuk menjaga kesehatan, dan mengandung banyak nutrisi.

Ciri khas alpokat antara lain ukuran tidak begitu besar, kulit luarnya hijau dan berubah agak gelap jika sudah matang. Jika dibelah dagingnya berwarna kuning terang sangat empuk, sementara bijinya agak besar.  Daging alpukat lazim dibuat minuman jus dan dicampuri susu coklat.  Namun ada juga sbagai bahan untuk membuat es campur.

Selain itu alpukat juga dipakai untuk bahan membuat masker alami, untuk menghaluskan kulit wajah. Bahkan industri kosmetik telah lama menjadikan alpukat sebagai bahan  untuk membuat krim penghalus kulit.

Manfaat alpokat Bagi Kesehatan

Ada beberapa faedah positif dari alpukat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada sebutir alpukat termasuk lengkap, antara lain vitamin K, Vitamin B komplek, vitamin C, vitamin E, mineral, lemak, dan gula.

  • Menjaga kesehatan kardiovaskuler

Kandungan asam oleat pada alpukat pada  tak jenuh tunggal sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah penyumbatan plak pada pembuluh darah arteri.

  • Meredakan radang sendi

Manfaat kedua adalah mencegah terjadinya peradangan sendi / arthritis.  Pada daging alpukat terdapat pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid, bermanfaat  mereduksi mengurangi peradangan pada sendi.

  • Menjaga kesehatan kulit dan kecantikan

Buah yang berasal dari Amerika Latin ini ternyata bisa memperlambat kulit mengalami proses penuaan dini, dan mengencangkan kulit muka.  Sementara vitamin E bermanfat melindungi kulit dari terpaan sinar ultra violet.  Sedangkan fungsi vitamin C membantu memproduksi hormone kolagen dan elatin yang menjaga kulit tetap elastis.

  • Anti inflamasi

Kandungan beta-sitosterol, stigmasterol, dan campesterol sebagai antioksidan alami  anti inflamasi. Selain itu menjaga fungsi imunitas tubuh agar tetap kuat.

  • Sumber asam folat

Alpokat sangat kaya akan kandungan asam folat. Bagi ibu hamil direkomendasikan untuk memperbanyak makanan mengandung asam folat agar bayi yang dikandungnya terhindar dari kecacatan fisik.