Categories
Vitamin

Makanan Sumber Flavonoid & Manfaatnya

Flavonoid merupakan senyawa yang terdapat pada buah –buahan berwarna maupun beberapa jenis sayuran.  Senyawa ini pada tumbuhan  berfungsi membentuk pertumbuhan bunga dan kelopak bunga. Serta merangsang produksi bau –bauan yang menarik perhatian serangga.

Fungsi lain flavonoid adalah membentuk pigmen warna pada bagian tumbuhan seperti daun, kulit buah maupun pigmen pada isi buahnya. Sehingga menghasilkan warna berbeda antara buah yang masih mentah dan yang sudah masak.

Sementara fungsi flavonoid sangat penting bagi kesehatan manusia dan mengontrol berat badan. Kandungan super nutrition ini terdapat pada sayuran dan buah-buahan seperti yang ada di bawah ini :

  • Buah –buahan berwarna

Semua jenis buah –buahan sebenarnya mengandung flavonoid.  Tapi untuk beberapa jenis buah kadar flavonoid sangat banyak seperti jeruk, anggur merah, blue berry, raspberry dan strawberry.

  • Kacang –kacangan

Alternatif sumber flavonoid adalah makanan dari kelompok kacang –kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, dan edamame.

  • Wortel dan paprika

Wortel dan paprika mengandung kadar flavonoid cukup tinggi. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

  • Teh hijau

Daun teh hijau tergolong mengandung kadar flavonoid relative tinggi dari pada jenis teh lainnya.  mengonsumsi green tea secara teratur dipercayai dapat mencegah penuaan kulit dan mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Macam –macam manfaat flavonoid untuk kesehatan

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas tentang jenis makanan sumber flavonoid dosis tinggi. Berikut ini adalah beberapa kasiatnya :

  • Menjaga berat badan

Senyawa polimer flavonoid yang terdapat pada teh hijau berfungsi mengontrol berat badan. Bagi pengidap obesitas disarankan teratur minum teh hijau.

  • Menangkal virus

Senyawa flavonoid juga berfungsi sebagai agen anti virus. Dapat menangkal virus yang masuk melalui organ  pernafasan maupun terbawa melalui makanan maupun minuman.

  • Menangkal penyakit aterosklorosis

Aterosklororis merupakan gangguan  penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan dari timbunan lemak. sehingga aliran darah menuju otak tidak lancar.   Penyakit ini bisa diturunkan resikonya apabila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid.  Senyawa ini dapat menguatkan dinding pembuluh darah dan melebarkan.