Categories
Makanan Sehat

Makanan sehat Pencegah Osteoporosis

Osteoporosis selama ini kurang diperhatikan oleh sebagian orang.  Kebanyakan masyarakat kita tidak begitu mempedulikan osteoporosis atau pengapuran tulang karena penyakit ini tidak menular.   Serta tidak menjangkiti kalangan usia produktif dan anak muda.  Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar, penyakit ini justru menjadi ancaman bagi usia setengah baya, atau datang lebih cepat, jika seseorang tidak mempedulikan kesehatannya sejak dini.

Agar masa tua kita tetap sehat dan bersemangat, ada baiknya sejak dini kita berupaya menghindari osteoporosis. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan tulang.  Ada beberapa macam makanan sehat pencegah osteoporosis atau pengapuran tulang dan sendi. Makanan tersebut cukup mudah didapatkan dan harganya pun cukup terjangkau.

Makanan sehat pencegah osteoporosis

Berikut ini merupakan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang atau penambah kekuatan dan massa tulang.

  • Kacang-kacangan

Kacang  -kacangan merupakan salah satu makanan sehat sumber kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi.    Hampir semua jenis kacang –kacangan mengandung kalsium, mineral, magnesium dan fosfor, semua zat ini sangat baik menjaga kesehatan struktur tulang dan gigi.

  • Sayuran hijau

Jenis  sayuran bewarna hijau tua  seperti kangkung, bayam, sawi, brokoli  disarankan untuk dikonsumsi rutin. Menurut penuturan dari ahli gizi sayuran hijau mengandung kadar mineral dan kalsium sangat tinggi.

  • Ikan

Jenis ikan laut seperti tuna, makarel, tongkol, tenggiri merupakan sumber  kalsium paling tinggi.  Anda bisa mengonsumsi ikan dengan berbagai menu. Makanan olahan yang terbuat dari ikan juga kadar kalsiumnya masih tetap terjaga.

  • Susu & makanan olahan dari susu

Minum segelas susu segar setiap hari, menjamin kesehatan tulang hingga usia lanjut. Maka dari itu mengapa selagi anak –anak dianjurkan rajin mengonsumsi susu sapi.  Selain itu semua makanan olahan yang terbuat dari susu seperti keju dan yougurt termasuk dalam makanan sumber mineral dan kalsium alami.

  • Buah –buahan

Kelompok buah –buahan yang diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang antara lain alpukat, durian, apel, nanas,  buah kiwi dan peer.

Demikianlah sekilas tentang penjelasan makanan sehat pencegah osteoporosis. Semoga bermanfaat.