makanan penguat imun

Makanan Penambah Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh merupakan unsur penting bagi kita. Imunitas adalah benteng untuk menangkal virus dan bakteri.  Jika imunitas kita melemah, imbasnya kita akan mudah sakit atau terkena infeksi virus.

Jangan  sampai hidup kita dihabiskan untuk berobat dan pergi ke dokter hanya karena pola makan yang tidak seimbang.   Ada baiknya Anda mulai berubah dan sadar akan arti penting dari kesehatan sebagai investasi berharga.

Salah satu cara memperkuat imunitas adalah dengan makanan bergizi. Ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat membangun benteng imunitas agar tetap kuat.   Di bawah ini adalah macam –macam makanan penambah kekebalan tubuh :

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan kandungan nutrisi seperti Vitamin A,  Vitamin B kompleks, beta karoten, dan zink. Jangan bosan menempatkan sayuran sebagai bahan makanan utama harian.

  • Bawang Putih

Bawang  putih menempati urutan kedua sebagai  makanan sumber nutrisi penguat benteng kekebalan tubuh manusia.  Kandungan allcin berfungsi mematikan virus dan bakteri jahat. Selain itu makanan ini juga bermanfaat sebagai membangun metabolisme tubuh.

  • Yougurt

Minuman dari bahan susu ini mengandung bakteri baik yang berfungsi menangkal  racun dan bakteri jahat dalam pencernaan.   Yougurt yang diminum secara teratur bisa menyehatkan badan dan menjaga fungsi pencernaan.

  • Gandum

Gandum  mengandung serat beta-glucan senyawa antikosidan berguna menangkal masuknya radikal bebas. Selain itu juga menangkal mikroba dan virus.

  • Ubi jalar

Jangan remehkan ubi jalar, sumber  karbohidrat paling murah ini ternyata bisa dijadikan sebagai makanan penambah kekebalan tubuh.  Unsur vitamin A pada ubi manis ini berfungsi memproduksi jaringan konektivitas sel, dan mempercepat pemisahan sel rusak dari jaringan. Selain itu kandungan antioksidan pun cukup tinggi.

  • Jahe

Jahe bisa dijadikan sebagai makanan penambah kekuatan tubuh.  Sumber makanan berasal dari rimpang –rimpangan ini.  Selain menimbulkan sensasi menghangatkan badan, juga menenangkan. Selain itu kandungan beta karoten nya pun sangat banyak.   Minum segelas jahe hangat saat terkena flue berkasiat mempercepat penyembuhan.

Makanan penambah imunitas ini sebaiknya porsinya ditingkat saat Anda sedang melakukan aktivitas berat, seperti kerja hingga larut malam, pergantian cuaca, merawat kerabat yang sakit dan sebagainya.