makanan sehat saat fitness

Makanan menunjang performa saat olahraga

Berolahraga secara rutin bermanfaat membentuk tubuh supaya tetap bugar, kuat, dan menjaga stamina agar tidak gampang sakit.  Olahraga juga dapat mencegah penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan stroke.

Namun saat berolahraga perlu sedikit persiapan yang harus diperhatikan, salah satunya makan –makanan bergizi guna menunjang performa dan tidak mudah lelah. Serta menghindari cedara otot terutama ketika berolahraga keras seperti sepak bola, bela dari dan angkat beban. Berikut ini ada beberapa jenis makanan alami yang dapat mendukung performa  :

  • Protein hewani

Sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, disarankan memakan makanan yang mengandung protein hewani, seperti susu, daging ayam, maupun telur.  Protein hewani mengandung senyawa asam animo. Makanan tersebut merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menguatkan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.  makanan ini sangat cocok untuk menambah masa otot agar lebih kuat dan menonjol dari sebelumnya.

  • Oatmeal

Sarapan oatmeal sebelum pergi berolahraga bermanfaat menambah pasokan cadangan energy lebih lama lagi.  Oatmeal juga kaya akan kandungan serat tinggi, berfungsi melancarkan  proses pencernaan.  Makanan ini juga dapat mempercepat proses pembakaran lemak, sangat cocok bagi Anda yang ingin memangkas lemak.

  • Pisang

Pisang bisa dijadikan sebagai bekal pergi ke fitness center. Buah ini mengandung energy tinggi, disantap saat rehat olahraga. Berfungsi memulihkan energy hilang terkuras setelah melakukan olahraga keras.  Sementara kandungan vitamin C mencegah kelelahan otot.  Pisang juga berperan mencegah kram otot terutama pada perut.

  • Yougurt

Minum segelas yougurt dua jam sebelum latihan fitness dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Menambah energy secara alami dan aman untuk lambung, tidak menimbulkan dampak samping berarti.  Yogurt lebih aman dan menyehatkan dari pada minum energy drink.

  • Bekatul

Bekatul kaya akan kandungan karbohidrat tinggi dan serat alami. cocok sebagai sarapan sehat sebelum memulai aktifitas fisik.  Menahan efek rasa lapar lebih lama dari pada nasi, sehingga dapat menekan hasrat ngemil setelah usai berolahraga.

  • Buah –buahan berair

Mengonsumsi buah –buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk dan sebagainya dianjurkan untuk santap saat jeda istirahat. Buah-buahan tersebut  dapat mengembalikan cairan yang hilang setelah berolahraga dan mencegah dehidrasi ringan.

Demikianlah sekilas informasi tentang makanan menunjang  saat berolahraga.