Categories
Makanan Sehat

Makanan Efektif Pulihkan Lelah

Menurut hasil penelitian dari para ahli gizi di Universitas Oxford Inggris, tentang khasiat makanan alami yang berfungsi sebagai obat alami mulihkan stamina.  Ternyata ada beberapa makanan efektif pulihkan lelah secara alami. Badan terasa lelah merupakan alarm tubuh yang menandakan habisnya cadangan energy. Setelah beraktifitas berat sehingga membuat badan menjadi lemas tidak bertenaga.   Kalau sudah demikian solusinya adalah beristirahat, guna memulihkan tenaga dan  menurunkan detak jantung agar kembali pada ritme semula.

Sebenarnya lelah merupakan fenomena biasa dan bisa pulih sendiri dengan beristirahat. Tapi cepat tidaknya tergantung stamina seseorang.  Namun ada beberapa makanan yang punya manfaat mempercepat pemulihan tenaga dan mengurangi rasa nyeri  karena kelelahan.  Misalnya semua makanan dan minuman yang terbuat dari coklat. Diyakini bermanfaat  memulihkan rasa capek setelah olahraga atau bekerja keras.

Lima Makanan Efektif Pulihkan Lelah

Berikut ini ada tujuh macam  sumber makanan yang bisa dijadikan sebagai obat alami meredakan capek dan memulihkan stamina.

  • Semangka

Semangka mengandung banyak air, bermanfaat mengembalikan cairan tubuh  dan mengembalikan kesegaran.  Kandungan Asam Amino L. Sitrulin. Senyawa ini berperan mengurai dan melemahkan asam laktak yang menumpuk pada otot yang kaku dan capek pegal.

  • Alpukat

Alpukat merupakan makanan sumber energy alternatif.  Kandungan proteinnya cukup ampuh melancarkan metabolsime tubuh.

  • Coklat Hangat

Minum segelas coklat hangat setelah beraktivitas berat diyakni mampu mempercepat pemulihan capek.  Coklat mengandung karbohidrat yang berfungsi  mengembalikan cadangan energy yang terkuras.  Serta mengandung zat gula yang lebih cepat diserap oleh tubuh

  • Brokoli

Kandungan vitamin B pada brokoli bermanfaat  merangasang otak  mengeluarkan hormone serotonin sehingga membuat perasaan jadi tenang.   Brokoli juga mengandung senyawa antioksidan menangkal radikal bebas, dan sebagai agen anti virus saat kondisi tubuh sedang drop.

  • Kurma

Kadar zat gula pada buah kurma matang cukup tinggi.  Bermanfaat mengembalikan energy yang hilang setelah beraktifitas berat.  Maka dari itu buah dari Persia ini kerap sebagai makanan pembuka saat santap buka puasa.

Demikianlah sekilas tentang penjelasan singkat dari tujuh makanan efektif pulihkan lelah. Semoga bermanfaat.