Categories
Tips Sehat

Makanan dan minuman pemicu batu ginjal

Batu ginjal muncul karena terjadi karena residu kotoran yang  mengendap di ginjal maupun di kantong kemih. Semakin lama menjadi membesar, dan menyumbat saluran kemih. Akibatnya penderita kesulitan untuk kencing. Apabila tidak diatas akan menimbulkan infeksi hingga yang paling parah adalah gagal ginjal.  Dengan artian ginjal tidak bisa lagi bekerja, dan penderita perlu melakukan proses cuci darah rutin seumur hidup.

Faktor  penyebab batu ginjal antara lain karena usia, obat –obatan dan kebiasaan tidak sehat.  Faktor luar bisa karena kwalitas air minum yang mengandung kadar mineral tinggi. Seperti yang kebanyakan terjadi  pada air PAM,  mengandung kaporit.  Padahal kaporit tidak dapat hilang hanya direbus saja, melainkan disaring dengan mesin.

Penyakit ini sebenarnya bisa di hindari  sejak dini, dengan mengubah pola hidup sehat serta yang paling utama adalah rutin mengonsumsi air putih.   Sebab air putih punya peran penting untuk mendukung metabolisme tubuh, membantu meringankan fungsi ginjal menyaring darah dan membuang racun.

Tips menjaga agar tidak timbul batu ginjal 

Berikut ini merupakan tips mudah bagaimana cara mencegah munculnya batu ginjal dengan melakukan pantangan –pantangan makanan  dan minuman ini.

  • Kurangi garam

Saat memasak kurangi pemakaian garam berlebihan, karena garam merupakan mineral yang sulit  diluruhkan oleh ginjal.  Selain itu garam juga pemicu hipertensi.

  • Hindari minuman energy

Terlalu sering mengonsumsi minuman energy dalam jangka panjang, efeknya tidak baik untuk kesehatan organ dalam.  Ginjal termasuk organ yang paling rawan terpapar dengan  zat –zat kimia yang terdapat dalam minuman suplemen.

  • Hindari daging merah

Daging merah juga dapat menimbulkan munculnya batu ginjal.  Karena kadar asam uratnya sangat tinggi, terutama pada jeroan.

  • Kurangi minuman berkarbonasi

Kurangi minuman bersoda atau berkarbonasi. Selain itu minuman yang mengandung pemanis buatan juga dapat memicu kerusakan pada ginjal.

Demikianlah sekilas informasi singkat mengenai Makanan dan minuman pemicu batu ginjal. Semoga bermanfaat.