Categories
Vitamin

Macam -macam Antioksidan Alami Yang Anda Ketahui

Selama ini kita sering dijejali dengan manfaat dari antioksidan  berfungsi menangkal radikal bebas dan zat beracun.  Tapi kita masih awam terhadap nutrisi ini, terdapat di mana saja dan manfaatnya untuk apa saja?

Macam –macam antioksidan alami

Ada dua jenis antikoksidan yang ditemukan pada makanan yaknin antioksdan flavonoid dan jenis kedua adalah antioksidan non flavonoid. Keduanya berfungsi sama, yakni sebagai penangkal radikal bebas, tapi juga memiliki efektivitas khusus dalam penjaga kesehatan.Berikut ini penjelasan singkat terkait dua jenis antioksidan  :

  1. Antioksidan Flavonoid

Antioksidan  flavonoid merupakan jenis antioksidan yang banyak ditemukan pada tumbuh –tumbuhan dan sayuran dan buah – buahan.   Flovonoid merupakan zat yang memproduksi pigmen warna alami pada sayuran dan buah –buahan seperti hijau, kuning, merah dan ungu.

Di ketahui ada 4000 jenis flavonoid di tumbuh-tumbuhan yang terbagi menjadi bebarapa kelompok seperti :

Antocianidin yakni jenis antioksidan yang ditemukan pada tanaman dan buah –buahan berwarna merah, dan biru  / ungu. Seperti  strawberry, pepaya,  anggur dan sebagainya.   Antocianidin bermanfaat menjaga kesehatan pembuluh darah, mengurangi resiko penumpukan plak, yang menyebabkan stroke dan jantung koroner.

Flavanol merupakan antioksidan yang banyak ditemukan pada daun teh hijau, teh hitam.  Biji kakao atau serbuk coklat. Selain itu juga terdapat pada apel,  buah pear.

Flavanon merupakan antikosidan yang hanya dapat ditemukan pada jeruk, citrus, jeruk nipis dan jeruk bali.  Senyawa ini bermanfaat menjaga metabolisme tubuh dan antivirus.

  1. Antioksidan Non flavonoid

Antioksidan non flavonoid merupakan senyawa yang terdapat pada kandungan vitamin, mineral dan pigmen.   Antioksidan non falvonoid banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau tua. Seperti bayam, sawi, brokoli, dan sebagainya. Sementara antioksidan yang terdapat pada vitamin E ditemukan pada semua jenis kacang –kacangan seperti kacang tanah, kacang polong, kedelai dan kacang hijau. Antioksidan juga ditemukan pada ikan, telur, dan daging sapi.

Sekian dulu penjelasan singkat tentang macam –macam antioksidan dan manfaatnya