bekal sehat

Lima makanan praktis penahan lapar tanpa kwatir gemuk

Lapar menyergap ditengah kesibukan bekerja, terkadang merusak konsentrasi terhadap pekerjaan. Perut sudah tidak lagi diajak kompromi akhirnya, membuat pekerjaan terbengkalai.   Kondisi ini membuat mood jadi rusak.   Ujung –ujungnya menyantap camilan untuk mengganjal rasa lapar. Tanpa anda sadari bahwa ngemil makanan ringan ternyata dapat membuat kegemukan.

Ada baiknya Anda membawa logistik berupa makanan khusus yang dapat menahan rasa lapar, mengandung cukup gizi tapi kadar kalorinya rendah. Sekarang sudah banyak tersedia beberapa macam makanan kecil rendah gula dan rendah kalori, yang aman dikonsumsi namanya cookie bars. Makanan tersebut awalnya dibuat khusus untuk bekal logistik tentara saat berperang atau marinir atau pelaut.

Makanan dibuat dari bahan –bahan alami, seperti gandum, telur, oat, susu dan sebagainya.  awalnya dijual terbatas untuk kalangan internal tentara. Tapi kini sudah banyak dijual di pasaran.

Namun apabila  makanan tersebut tidak ada, anda bisa memilih alternatif lain, ada beberapa makanan yang direkomendasi untuk dijadikan bekal logistik saat kerja atau melakukan aktivitas di luar ruangan.

  • Sandwich

Opsi pertama adalah sandwich, semacam roti isi yang terbuat dari roti tawar kemudian dikasih keju, slada, daging asap, mayonese dan sebagainya. makanan mudah dibikin  dan simple untuk dijadikan bekal.

  • Pisang

Pisang bisa dijadikan makanan sehat penahan rasa lapar. Pisang mengandung karbohidrat, protein dan kalsium.  cukup mengenyangkan dan tidak menimbulkan kegemukan.  Buah ini juga bermanfaat memulihkan tenaga yang hilang setelah beraktivitas berat.  Bisa dikonsumsi setelah beraktivitas berat, olahraga atau bisa dijadikan bekal saat mendaki gunung dan sebagainya.

  • Apel

apel merupakan buah yang kandungan airnya sangat banyak, bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan dahaga. Salain itu juga bisa menahan rasa lapar.

  • energy bar

energy bar merupakan kudapan yang dibikin khusus dengan bahan –bahan penuh gizi. terbuat dari  beras, oat, wafer dan coklat.  Efektif untuk memulihkan tenaga yang hilang, tidak membuat kegemuk karena kandungan kalorinya hanya 90 kal.  Makanan ini cocok sbagai bekal untuk beraktivitas di luar ruangan, saat travelling, mendaki gunung.