Categories
Makanan Sehat

Lima Makan Berprotein Tinggi Setara Daging Sapi

Belakangan ini masyarkat dibuat resah dengan naiknya harga daging sapi hingga menembus Rp. 150.000 per kilonya.   Kondisi ini membuat konsumen sulit membeli daging sebab harganya terlalu mahal.  Memang asupan protein bagi tubuh sangat penting perannya. Fungsi protein hewani antara lain itu melancarkan metabolisme tubuh, mendukung regenerasi jaringan sel, menjaga fungsi otak dan menjaga berat badan. Deskiripsinya protein punya peran penting menjaga semua fungsi organ tubuh agar  seimbang.

 Namun tak berarti tidak makan protein hewani, jadi kekurangan gizi. Sebenarnya  ada jenis makanan lain yang mengandung protein tinggi setera dengan daging merah.

Lima  jenis makanan sumber protein tinggi

Ada lima makanan berprotein tinggi yang bisa mencukup kebutuhan protein tubuh. Sumber makanan tersebut sangat mudah didapatkan.

  • Telur

Telur merupakan salah satu makanan berprotein tinggi.  Kandungan protein hewani paling banyak terdapat pada kuning telurnya.  Kadar protein pada telur adalah 13 gram per 100 gram.  Telur sangat bermanfaat untuk menunjang masa pertumbuhan pada anak – anak.  Meningkatkan kecerdasan otak dan  meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Ikan tuna

Hampir semua ikan laut mengandung protein tinggi dan rendah lemak.  Sehingga aman dikonsumsi oleh siapa pun.  Ikan tuna selain kaya akan protein hewani, juga mengandung asam amino, karbohidrat, omega 3 dan kalsium tinggi.   Ikan dari laut dalam ini juga mengandung vitamin B yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

  • Jamur tiram

Jamur tiram merupakan salah satu makanan sumber protein tinggi. Setiap 100 gram terdapat  protein sebenyak 10,5-30 %, karbohidrat 56,6 % Lemak  1,7-2,2 %.

Makanan sehat ini berperan menekan jumlah kolesterol jahat, menurunkan berat badan, anti inflamasi. Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol,  serta berfungsi antioksidan.

  • Tempe & tahu

Tempe dan tahu terbuat dari kedelai, salah satu sumber protein nabati atau dari sayuran. Kandungan proteinnya setara dengan daging merah. Kedelai juga mengandung vitamin B kompleks, Vitamin E dan kalsium.

  • Daging ayam

Daging ayam solusi sumber protein hewani rendah lemak, tidak menyebabkan kegemukan.  Selain itu makanan ini aman dikonsumsi oleh siapa saja.

Sekian tentang ulasan singkat tentang makanan sumber protein yang setera dengan daging sapi.