Categories
Makanan Sehat

Lima kasiat senyawa alami pada bawang

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak dipakai untuk membuat berbagai masakan.  Bawang goreng atau dalam bahasa ilmiahnya dinamakan  Allium cepa var. aggregatum ini ternyata bermanfaat positif untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

Meski apabila dimakan mentah rasanya tidak enak dan mengeluarkan bau agak tajam, ternyata bawang berfungsi sebagai pendingin lambung. Maka dari itu bawang merah kerap dijadikan sebagai bahan membuat acar pada kuliner nusantara maupun oriental. Manfaat acar ini sebagai pendingin setelah menyantap makanan berat seperti sate kambing, gulai, nasi goreng dan sebagainya.

Dalam sebutir bawang merah terdapat empat senyawa penting yang berkasiat menjaga kesehatan.  Sebagaimana yang dijelaskan di bawah ini :

  • Quercetin

Kandungan quercetin pada bawang merah mentah punya peran sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu juga berfungsi sebagai anti peradangan atau antiinflamasi  dan anti jamur. Mengonsumsi bawang mentah juga dapat menyembuhkan flue, karena senyawa ini dapat membasmi virus penyebab flue.

  • Allicin

Bawang merah juga mengandung allicin jika dikonsumsi rutin dapat menjaga fungsi jantung. Serta mengurangi resiko terkena jantung koroner.  Zat ini juga diyakini dapat mengurangi gangguan ketombe pada rambut. Serta dapat mengurangi gangguan kulit  seperti panu, kadas atau kudis.

  • Organosulphur

Hasil riset dari ahli kesehatan mengatakan bahwa zat organosulphur ternyata punya potensi kuat mencegah kanker prostat pada pria dan mematikan sel kanker lambung.
Fungsi Organosulphur dapat menghasilkan sebuah lapisan pelindung saat tubuh berperang melawan kanker di kelenjar prostat dan perut.

  • Onionin A

Senaya onionin A pada bawang merah yang kerap dijadikan sebagai bumbu masak ini, ternyata berfungsi sebagai analgesic, atau meredakan rasa sakit  kepala dan demam yang menyertai gejala masuk angin, dan radang tenggorokan.

Onionin A dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, baik sementara maupun permanen. Konsumsi bawang merah secara teratur juga baik untuk mengatasi sakit asma, alergi, dan arthritis atau radang sendi.