bangun tidur

Lima Aktivitas Pagi Yang Menyehatkan Jiwa Raga

Terlambat bangun pagi membuat tubuh menjadi malas, tidak semangat dan bad mood. Hal ini kerap terjadi pada siapa saja.  Sehingga dapat menghambat  aktivitas harian. Tapi situasi ini bisa dihilangkan dengan melakukan beberapa tips ringkas.

Memang menyibukan diri di pagi buta itu, berat rasanya.  Dibutuhkan kesadaran dan komitmen kuat untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Lima aktivitas pagi

Membiasakan bangun pagi tepat waktu dapat membuat perasaan lebih semangat dan menyehatkan  raga juga.  Bangun  saat mentari belum terbit, berarti Anda punya waktu cukup untuk mengurusi pekerjaan rumah dan olahraga pagi.  Jika keduanya bisa rutin dilakukan setiap pagi, dapat menyehatkan jiwa dan raga Anda.

Berikut ini adalah lima aktivitas yang bisa memperbaiki mood di pagi hari:

  • Bangun lebih awal

Usahakan bangun pagi lebih awal, misalnya pukul 04:30, untuk kemudian dilanjutkan memberesi pekerjaan rumah, dan setelah itu olahraga ringan.

  • Mendengarkan musik

Setelah bangun tidur Anda dengarkan lagu –lagu kegemaran. Mendengarkan musik  bisa membangkitkan semangat dan memperbaiki mood.

  • Mandi dengan air dingin

Biasakan mandi dengan air dingin, agar menghilangkan rasa kantuk yang tersisa.  Selain itu juga air dingin dapat mengembalikan kesegaran tubuh, termasuk juga membersihkan badan dari kotoran dan keringat yang menempel.

  • minum segelas coklat hangat

Minum segelas coklat hangat setelah sarapan atau saat akan beranjak kerja, ternyata membangkitkan sensasi perasaan bahagia di pagi hari.

  • melakukan kegiatan fisik

Biasakan juga beraktivitas fisik setelah bangun tidur di pagi hari. Misalnya mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci baju,   dan sebagainya.  kegiatan fisik dapat membakar timbunan lemak, dan membuat tubuh tetap fit tidak ngantuk.