Categories
Tips Sehat

Langkah Tepat Jaga kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat

Kesehatan paripurna salah satunya adalah meliputi menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat hingga hari tua kelak. Tulang merupakan organ penting yang berfungsi menopang struktur tubuh dan melindungi organ –organ dalam.

Seiring bertambahnya usia, lama kelamaan kekuatan tulang mulai menurun dan terjadi pengapuran pada sejumlah ruas persendian. Kondisi ini terjadi karena tulang kehilangan kalisum.  Proses pengapuran bisa lebih cepat apabila tubuh kekurangan mineral, sehingga mengambil dari sumber lain yakni tulang.  Kondisi ini dikenal sebagai osteoporosis, dimana kepadatan struktur tulang mulai berkurang.   Akibat tulang rawan patah dan terjadi  proses pembungkukan pada punggung dan leher.

Guna menjaga kesehatan tulang  hingga usia senja nanti sebaiknya diawali  dari usia belia. Serta menjaga pola makan yang benar dengan memenuhi asupan nutrisi seimbang.

Tips menjaga kesehatan tulang

Di bawah ini merupakan langkah –langkah tepat menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat   hingga usia senja :

  • Hindari minuman bersoda

Kurangi minum minuman berkarbonasi atau mengandung soda.   Pasalnya kandungan soda ternyata dapat melarutkan kalsium dalam darah. Sebaliknya disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

  • Cukupi kebutuhan vitamin D

 Perbanyak makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tulang yakni vitamin  D.  nutrisi tersebut banyak terdapat pada brokoli, kangkung, sawi dan semua jenis sayuran berwarna hijau tua.

  • Rutin minum susu

Susu merupakan minuman sehat yang kaya akan kalsium dan mineral. Nutrisi tersebut diperlukan untuk menguatkan struktur tulang dan gigi.  Dianjur sehari minum susu dua gelas saja, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

  • Makanan mengandung kalsium

Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti ikan laut, cumi –cumi, kacang –kacangan, ubi jalar, yougurt dan keju.

  • Rutin berolahraga pagi

Sempatkan di pagi hari untuk berolahraga agar persendian dan tulang –tulang tetap sehat. Selain sinar matahari pagi dapat membantu proses penyerapan vitamin D.

  • Hindari aktivitas yang merusak tulang

Hindari juga perbuatan yang merusak tulang, seperti duduk terlalu lama di depan komputer.   Posisi duduk kelewat lama hingga berjam –jam membuat susunan tulang belakang bergeser dan membungkuk.  Demikan pula bagi wanita yang suka memakai sepatu hak tinggi / high heel, berdampak pada gangguan pada tulang punggung dan persendian.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai langkah –langkah mudah menjaga kesehatan tulang. Semoga  berguna dan dapat diterapkan sendiri.