Categories
Tips Sehat

Lakukan langkah ini agar puasa tetap sehat

Bulan suci Ramadhan segera datang dalam hitungan jari.  Umat Islam menyambut dengan suka cita.  Untuk menyonsong ibadah puasa selama tiga puluh hari,  kita perlu persiapan khusus agar puasa tetap sehat dan fit.

Pada hari –hari pertama puasa, biasanya kita mengalami masa adaptasi biologis, dimana mendadak badan merasa cepat lemas, ngantuk dan tak bergairah.  Padahal  sebagai umat muslim yang taat, puasa bukanlah menjadi halangan untuk melakukan aktivitas harian seperti bekerja dan kuliah.

Di bawah ini ada lima langkah agar puasa tetap sehat dengan memperhatikan asupan nutrisi pada menu sahur dan olahraga teratur.

  • Menu sahur tambah porsi protein

Agar badan tetap fit sepanjang hari saat pasa, rahasianya ada pada menu sahur. Pastikan menu sahur dipenuhi nutrisi seimbang. Namun ada untuk puasa sebaiknya asupan protein perlu ditambah.

  • Lebihkan minum air putih saat sahur

Meski puasa asupan cairan kedalam tubuh tidak boleh berkurang. Maksudnya guna menghindari dehidrasi ringan.  Saat sahur minum tiga gelas air putih,  kemudian ketika buka puasa tiba hingga malam hari setidaknya minum lima gelas lagi.

  • Atur waktu olahraga

Bulan puasa bukan berarti meniadakan berolahraga.  meski puasa, olahraga tetap jalan terus. Hanya jadwalnya diatur lagi. Misalnya pada pagi hari setelah sholat Subuh atau  malam hari antara pukul 20:00 – 21:00. Durasinya satu jam rasanya sudah cukup membuat tubuh terasa bugar.

  • Hindari mengonsumsi makanan berlemak

Ketika santap sahur, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berlebihan dan mengandung lemak tinggi seperti daging sapi, daging kambing.  Makan sahur dengan porsi jumbo bisa menyebabkan badan lemas di pagi hari dan mudah ngantuk.  Makanan yang mengandung lemak memaksa  organ pencernaan bekerja ekstra keras.  Selain itu mengakibatkan perut menjadi kembung dan sebah.

  • Istirahat cukup

Selama menjalankan puasa kita dianjurkan untuk beristirahat sejenak. Manfaat rehat  pada siang hari semata –mata untuk menghemat energy agar tidak cepat lelah.  demikian pula di malam hari sebaiknya Anda tidur teratur. Sebaiknya waktu tidur dimajukan lebih awal, agar nanti bisa bangun saat sahur tiba dan memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan santap sahur dan sholat malam.  Setidaknya Anda tidak telat ketika santap sahur.

Demikianlah penjelasan tentang lima tips jitu agar ibadah puasa di bulan Ramadhan tetap sehat dan bersemangat.  Selamat menjalankan ibadah puasa  bulan Ramadhan, semoga kita dilimpahkan rahmat  dan kesehatan.