Categories
Tips Sehat

Lakukan Cara Ini Agar Tak Gampang Sakit Di bulan Puasa

Menjalani ibadah puasa di tengah musim kemarau merupakan tantangan tersendiri. Di mana pada musim kemarau tahun ini cuacanya tak menentu, kadang turun hujan deras kemudian esoknya panas menyengat.   Cuaca ekstrim ini membuat siapa pun gampang jatuh sakit.

Maka dari itu agar puasa Anda tetap sehat dan fit perlu sedikit persiapan guna menjaga ketahanan tubuh.   Berikut ini rekomendasi dari ahli kebugaran yang bisa Anda terapkan.

  •  Suplementasi vitamin C saat sahur

Makan sahur tak cukup dengan nasi dan sayuran saja, perlu tambahan suplemen guna mendukung kekuatan tubuh.  Disarankan mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis rendah saja.   Alternatif lain Anda bisa menyantap buah kiwi yang kaya akan kandungan vitamin C.  Nutrisi ini berfungsi untuk melancarkan regenerasi sel –sel yang rusak dan menangkal virus penyebab penyakit seperti influenza dan sariawan.

  • Cukup tidur

Usahakan membangun jam biologis tidur.  Sebab tidur yang cukup berguna menjaga kesehatan dan mengembalikan energy.   Idealnya durasi tidur normal selama delapan jam sehari.  Kurang dari itu akibatnya tubuh menjadi lesu dan mudah sakit.

  • Redakan stress dan kuatkan mental

Orang mampu mengendalikan stress  dipercayai juga dapat menjaga kesehatan secara paripurna. Stress  merupakan pangkal dari berbagai penyakit biologis lainnya.  penyakit jiwa secara tak langsung dapat melemahkan imunitas tubuh.

  • Jaga kebersihan

Kunci sukses lainnya adalah menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan diri maupun lingkungan. Cara ini mutlak harus dilakukan setiap hari. Kebersihan diri seperti mandi dua kali sehari. Selalu mencuci tangan sebelum makan.  Mencuci bahan makanan sebelum di masak.

  • Jangan hindari olahraga

Luangkan waktu untuk berolahraga seperti pergi ke gym. Jogging  pada pagi hari setelah santap sahur. Olahraga itu banyak manfaatkan seperti membakar lemak. menguatkan fungsi pernafasan dan jantung.