Categories
Tips Sehat

Kiat Puasa Sehat Bagi Si Hipertensi

Mematuhi kiat puasa sehat bagi si hipertensi sangat penting agar ibadah wajib ini di bulan Ramadhan berhasil.  Punya riwayat penyakit darah tinggi terkadang  kerap menjadi faktor penghalang untuk absen berpuasa. Namun jika Anda mematuhi  anjuran dokter dan tetap berjalan pada pola hidup sehat, dipastikan ibadah puasa selama sebulan penuh berjalan baik.

 Di Indonesia penyakit hipertensi bukan sesuatu yang asing, penyakit ini rata –rata menjangkiti pasien yang berumur setengah baya. Bahkan kini penyakit tersebut sudah banyak diderita oleh  usia –usia muda yang masih produktif.

Kiat Puasa Sehat Bagi si hipertensi

Pada dasarnya tak ada masalah bagi si penderita tekanan darah tinggi untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan. Namun asalkan selama tekanan darah masih normal, dan tetap mematuhi pola hidup sehat, dan berpantangan terhadap makanan pemicunya.

Berikut ini penjelasan tentang kiat puasa sehat bagi si hipertensi  :

  • Makanan mengandung kalsium

Memakan makanan yang mengandung kalsium tinggi.  Biasanya terdapat di sayuran, ikan, kacang –kacangan, kecambah. Kalsium bermanfaat menjaga kesehatan jantung, agar kerja organ vital ini berlangsung lancar.

  • Kurangi konsumsi makanan mengendung kolesterol

Langkah kedua hindari makanan berlemak tinggi, seperti daging merah, sosis, ham, dan sebagainya.  Makanan berlemak menjadi pemicu utama naiknya tekanan darah dengan cepat.  Selain itu hindari juga makanan asin, terlalu banyak garam.

  • Perbanyak makanan berserat

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah –buahan  yang mengandung banyak serat.   Kandungan serat pada makanan dan buah-buahan berfungsi mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, memperlancar pencernaan makanan dan pembuangan kotoran dari usus besar.

  • Hentikan kopi, rokok, dan minuman keras

Selama puasa hentikan juga kebiasaan minum kopi, teh, atau soft drink.  Minuman bisa memicu naiknya tekanan darah, selain itu jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan stroke.

  • Jaga emosi

Selama puasa selain tidak boleh makan dan minum disiang hari, juga dilarang marah,  karena marah membatalkan puasa.  Maka dari itu jaga emosi dan stress agar tensi tidak naik.

Akhir kata sekian penjelasan singkat tentang kiat puasa sehat bagi si hipertensi, semoga bermanfaat.