Categories
Makanan Sehat

Kenali Manfaat Enam Super Fruit Ini

Gelar super fruit tak lagi disandang oleh buah jeruk saja.  memang selama ini semua jenis keluarga jeruk seperti orange, jeruk nipis, limau maupun jeruk bali menempati urutan pertama sebagai rajanya buah.  Dengan artian buah ini bermanfaat menjaga kesehatan dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Kini ternyata ada tujuh macam buah –buahan yang termasuk dalam kelompok super fruit.  Buah –buahan tersebut bahkan ada yang mengandung vitamin C jauh lebih banyak daripada jeruk. Serta direkomendasikan sebagai healing food untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Di bawah ini ada  enam macam super fruit dan khasiatnya :

  • Apel

Apel adalah buah yang tak asing lagi bagi kita semua.  Semua jenis apel mengandung senyawa antioksdan tinggi dapat menangkal dan membersihkan radikal bebas dan zat beracun.  Rutin memakan apel segar terhindar dari serangan jantung. Kandungan flavanoid berfungsi menjaga kekuatan otot jantung.   Buah ini juga efektif menekan hipertensi dan kadar gula darah.

  • Strawberry

Strawberry dan semua jenis keluarga buah berry seperti raspberry, blackberry maupun blueberry mengandung senyawa  Anthocyanin. Senyawa ini berfungsi sebagai antitoxic, dan antivirus, sehingga efektif menjaga kesehatan dari serangan virus.  Buah ini juga diyakini mengandung senyawa antikanker.

  • Buah kiwi

Buah kiwi mengandung kadar vitamin C dua kali lipat lebih banyak dari jeruk. Buah lokal New Zeland ini mengandung senyawa antikanker, efektif membunuh bibit kanker. Serta mengandung antioksidan tinggi, dapat membersihkan racun dioksin / racun pemicu kanker.

  • Semangka

Jangan sepelekan semangka, ternyata buah yang kaya akan kandungan airnya ini mengandung lycopen B, asam amino. Vitamin C dan lycopen B bermanfaat untuk produksi cadangan energi bagi tubuh kita.  Cepat memulihkan energy yang terkuras setelah beraktivitas berat dan berolahraga.

  • Anggur

Anggur sudah lama dijadikan sebagai buah super yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh.  Anggur merah mengandung senyawa lycopen berfungsi mencegah gangguan pada jantung dan menekan pertumbuhan tumor.  Sedangkan kandungan fitonutrien  berfungsi sebagai agen antikanker.