Categories
Tips Sehat

Jika Tidak Ingin Kambuh Hindari Makanan Asam Urat Ini

Menghindari makanan asam urat merupakan satu –satunya cara mengendalikan  penyakit asam urat agar tidak mudah kambuh  lagi.  Penyakit asam urat atau  gout arthiris disebabkan karena prilaku konsumsi makanan berkadar purin tinggi  yang berlebihan.

Jika seseorang yang terkena asam urat  secara medis sulit untuk disembuhkan dan pulih seperti sedia kala. Dokter hanya bisa memberi obat yang sifatnya mengurangi rasa nyeri / pain killer.   Hingga saat ini belum ditemukan obat yang efektif meluruhkan timbunan kadar asam urat yang terdapat pada persendian.

Maka dari itu  jalan satu –satunya mencegah agar tidak timbuh asam urat  adalah dengan mengendalikan pola makan dan mengurangi semua makanan asam urat atau  yang mengandung purin tinggi.

Tips sehat menurunkan kadar purin tanpa obat

Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, dengan tindakan preventif ini harus dilandasi dengan kesadaran tinggi, untuk menjaga kesehatan.  Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari dengan penyakit yang diidapnya, lantaran karena tidak mengindahkan pola hidup sehat.

Inilah tips sehat dan murah mencegah agar tidak terkena asam urat tanpa menggunakan obat –obatan.

  • Konsumsi vitamin C

Rutin mengonsumsi vitamin C yang banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, buah kiwi  dan sebagainya. Namun bagi penderita asam urat disarankan mengonsumsi Vitamin C dengan dosis 1.000 mg ketika kambuh. Sementara untuk harian 500 mg guna pencegahan.

  • Sering minum air putih

Biasakan sering mengonsumsi air putih. Idealnya 8 – 10 gelas bagi penderita asam urat. Air putih membantu fungsi ginjal mengeluarkan kadar purin melalui urin.   Sebaliknya  kurang minum air putih menyebabkan kerja ginjal menjadi berat sehingga banyak zat purin yang tidak terbuang dan justru berubah menjadi Kristal.

  • Pantangan makanan mengandung purin

Langkah selanjutnya hindari juga semua makanan dan minuman yang mengandung kadar purin tinggi.  Misalnya jeroan, kacang –kacangan, bayam, susu, keju. Demikian sebaiknya hindari juga minuman alcohol, teh, kopi dan minuman berkabonasi.

  • Menghindari pemicu stress

Selain mengindarai makanan asam urat, dari segi mental juga wajib diperhatikan.  Hindari pemicu stress agar metabolisme tubuh tidak terganggu.   Orang yang stress  berkaitan dengan kondisi tubuh, metabolisme tubuh terganggu, tidak bisa tidur dan akhirnya menjalar pada gangguan kesehatan.