Categories
Diet

Jalani Diet Hipertensi Agar Hidup Tetap Sehat

Diet hipertensi merupakan terapi khusus yang dirancang oleh ahli gizi guna mengendalikan tekanan darah tinggi. Diet ini menekankan pada pola makan yang rendah lemak, rendah garam dan rendah gula. Selain itu pada program diet ini pelaku disarankan untuk menjalani pola hidup sehat, dan rutin berolahraga. maklum saja hipertensi tidak bisa dipulihkan tapi hanya dapat dikendalikan agar tidak sering kambuh.  Maka dari itu penderita harus paham dan mampu mengontrol pola makan dan menghindari pemicunya.

Hipertensi merupakan gangguan kesehatan berupa kondisi tekanan darah yang naik diatas normal.   Istilah awamnya penyakit darah tinggi atau bludrek. Penyakit ini kerap menimpa orang dewasa, dimana juga disertai ketidakstabilan emosi, penderita mudah tersinggung dan marah, hanya karena masalah sepele.

Penyebab hipertensi karena faktor makanan terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, merokok, kecanduan kopi maupun miras.  Penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, tapi hanya sebatas dikendalikan saja agar tidak gampang kambuh.  Namun apabila dibiarkan bisa memperburuk kesehatan, memicu gagal ginjal, stroke dan serangan jantung koroner.

Tahapan diet hipertensi

Diet Dash begitulah nama populernya, diet ini diyakini cukup efektif mengendalikan hipertensi. Program diet ini sebenarnya  mudah dijalankan dan tidak menyiksa. Hanya menekan untuk menghindari faktor pemicunya saja.

  • Menu utama sayuran dan buah –buahan

Pastikan sayuran menjadi menu utama makanan yang Anda santap.  Sayuran mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Sering –sering mengonsumsi buah –buahan segar, guna menangkal penyakit dan menurunkan kadar kolesterol.

  • Pantangan garam dan gula

Kurangi pemakaian garam pada proses memasak makanan. demikian pula kurangi makanan yang manis-manis, mengandung kadar gula tinggi.

  • Hindari makanan yang digoreng

Hindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Minyak nabati mengandung lemak jenuh, apabila terakumulasi bisa memicu kegemukan dan penyakit hipertensi.

  • Pantangan kopi dan minuman bersoda

Kopi dan minuman bersoda ternyata dapat memicu hipertensi. Kopi mengandungi kafein, zat dapat mengganggu fungsi jantung.  Demikian juga minuman bersoda bisa menyebabkan kelebihan kalori yang akhirnya nambah timbunan lemak.

  • Perbanyak minum air putih

Tubuh memerlukan cairan guna melancarkan proses metabolisme tubuh, mengantarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan mencegah dehidrasi.  selain itu juga membantu sistem detoksifikasi. Maka dari itu dianjurkan minum setidaknya dua liter air setiap harinya.

  • Olahraga teratur

Lakukan olahraga teratur, agar peredaran darah lancar, fungsi jantung tetap bekerja dengan baik.  selain itu olahraga juga dapat mengurangi kegemukan.

  • Kendalikan stress

Stress merupakan faktor eksternal yang bisa memicu hipertensi cepat kambuh. Maka dari itu Anda harus belajar mengendalikan stress, dengan memperbanyak ibadah, memperbaiki sikap, dan belajar menyelesaikan masalah.