Categories
Makanan Sehat

Insomnia Sembuh Dengan Lima Makanan Ini

Insomnia  merupakan gejala dimana seseorang susah tidur di malam hari atau hanya bisa tidur setelah larut malam.  Akibatnya waktu tidur malam hanya sebentar saja, Sehingga dia selalu terjaga setiap malamnya. Akan sangat mengganggu bahkan menyebalkan jika insomnia melanda.   Jika dibiarkan terus menerus akan mengganggu kesehatan.

Penderita insomnia rata – rata hanya memiliki durasi tidur hanya empat jam atau lebihs sedikit. Penyakit ini tidak  datang begitu saja, karena virus atau  bakteri.   Penyebab utama penyakit ini karena faktor kebiasaan buruk yang dilakukan sendiri.

Penyebab utama gangguan tidur antara lain karena kebiasaan minum kopi secara berlebihan dalam jangka waktu lama.  Sering beraktivitas berat di malam hari, seperti kerja lembur, mengambil sift malam terus menerus.  Lingkungan rumah terlalu bising, dan sebagainya.

Sementara faktor psikologi  juga turut mendukung gangguan tidur ini salah satunya stress, depresi, beban pikiran terlalu banyak. Paranoid, gangguan pribadi atau bipolar dishorder.   Sementara faktor usia juga menjadi pencetus datangnnya penyakit ini. Orang tua yang berusia lanjut terutama antara umur 50 – 60 tahun mereka rata –rata hanya bisa tidur setelah larut malam.

Lima Makanan Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang punya masalah dengan tidurnya, sekarang jangan kewatir lagi. Ternyata ada beberapa sumber makanan yang bisa dijadikan sebagai obat alami mengatasi insomnia.  Berikut ini jenis makanan membuat Anda bisa tidur lelap sepanjang malam :

  • Pisang

Pisang ternyata bisa meredakan gangguan tidur. Kandungan Triptofan pada daging pisang berfungsi sebagai prekusor alami pada otak untuk mengeluarkan zat serotonin agar memudahkan untuk tidur.

  • Gandum

Gandum ternyata bisa menyembuhkan gangguan tidur.  Kandungan magnesium dan mineral sifatnya sebagai relaksasi  sehingga memudahkan timbulnya rasa kantuk.

  • Daun seledri

Daun dan batang seledri segar sudah lama dijadikan sebagai obat mujarab meredakan insomnia secara alami.  Daun seledri memiliki senyawa yang bisa mengeluarkan enzim sorotin sehingga penderita bisa merasakan tenang.

  • Kacang

Hampir semua jenis kacang –kacangan bisa dijadikan sebagai healing food untuk pereda gangguan tidur di malam hari.  Misalnya kacang pestacio  memiliki nutrisi jenis vitamin B, khususnya vitamin B6. Manfaat vitamin B6 bisa menimbulkan rasa tenang  atau relaks.

  • Susu

Minum segelas susu hangat sebelum beranjak tidur memberi manfaat positif salah satunya membuat tidur Anda lelap dan tidak terjaga di malam hari.

Sekian tentang tips singkat menyembuhkan insomnia dengan lima makanan sehat.