Categories
Tips Sehat

Inilah Tujuh Makanan Yang Bikin Panjang Umur

Siapa pun berharap agar bisa panjang umur dan hidup sehat hingga bisa menikmati masa tua dengan dengan bahagia. Namun agar hidup kita berkwalitas, menjaga kesehatan adalah kunci utamanya. Kesehatan merupakan investasi yang bernilai tinggi. Apalah artinya panjang umur tapi sakit –sakitan, bukan itu yang diharapkan bukan.

Selain selalu berdoa kepada Sang Pencipta tentu sebaiknya selingi juga dengan menerapkan pola hidup sehat.  Memperhatikan asupan gizi seimbang, sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian.   Rutin berolahraga setiap hari, termasuk salah satu iktiar menjaga kesehatan agar tetap fit sepanjang hari.

Tujuh Makanan Yang Bikin Panjang Umur

Menjaga pola  makan  adalah kunci utama agar  panjang usia hingga tua.  Ada banyak makanan yang mengandung nutrisi tinggi yang  baik untuk mendukung hidup lebih panjang lagi :

  • Ikan laut 

Mengonsumsi ikan  ternyata dapat meningkatkan kwalitas hidup. Contohlah kebiasaan orang Jepang, mereka memilik usia harapan hidup lebih lama dari pada orang Eropa. Sebab orang Jepang gemar makan ikan. Tingkat konsumsi ikan masyarakat Negeri Sakura sangat tinggi. Mengapa?  Karena ikan mengandung protein tinggi, rendah lemak.  Makanan ini mencegah resiko terkena serangan jantung. Ikan juga mengandung Omega 3 cukup tinggi bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak, mencegah kepikunan dan alzheimier ada manula.

  • Brokoli dan sayuran hijau tua

Pada setiap menu makanan disarankan selalu ada sayuran hijau seperti brokoli, kangkung sawi,  bayam dan sebagainya.  Brokoli mengandung banyak nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.  Rutin mengonsumsi brokoli kukus berkasiat menjauhkan serangan stroke, gangguan pembuluh darah dan serangan jantung. Selain itu kandungan antioksidan pada sayuran hijau cukup tinggi, berperan menangkal radikal bebas dan zat karsinogen / pencetus kanker.

  • Minyak Zaitun

Memasak menggunakan minyak zaitun jauh lebih aman dan menyehatkan dari pada minyak sawit atau minyak kelapa.  Olive oil ini kadar lemaknya sangat sedikit, dan aman bagi penderita diabetes maupun hipertensi.

  • Kentang

Kentang merupakan makanan sehat sumber karbohidrat tinggi, tapi rendah gula.   Lebih menyehatkan dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Tidak memicu penyakit diabetes dan kegemukan.

  • Buah –buahan

Rutin menyantap berbagai jenis buah –buahan segar, ternyata membantu memperpanjang usia. Buah kaya akan vitamin C dan serat. Kedua nutrisi ini berfungsi melancarkan metabolsime tubuh, menyehatkan organ dalam dan bersifat deuretif atau meluruhkan racun.

  • Oatmeal

Sarapan oatmeal setiap hari secara tak langsung bisa membuat usia lebih panjang.  Karena makanan yang terbuat dari sereal ini kaya akan serat, karbohidrat dan berbagai  macam mineral.  Bermanfaat mencegah serangan jantung, pembekuan darah. Makanan ini juga sebagai pasokan energy tapi tak membuat kegemukan.

  • Bawang

Bawang putih dan bawang bombay diyakini dapat memperpanjang usia. Bawang mengandung senyawa betakaroten, berfungsi mencegah gangguan kardiovaskuler. Selain itu juga meningkatkan imunitas tubuh.

Sampai disini ulasan singkat tentang enam makanan yang bikin panjang umur. Semoga bermanfaat dan menjadi insiparasi pembaca untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat.