tips puasa

Inilah trik bijak agar puasa tidak cepat lemas

Puasa Ramadhan janganlah dijadikan alasan untuk tidak melakukan rutinitas seperti biasanya. Ibadah  puasa merupakan  kesempatan emas untuk mencari berkah dan pahala dari Allah SWT  apabila dikerjakan secara iklas.

Memang pada awalnya badan terasa cepat lemas dan tidak bergairah, sehingga  akibatnya jadi malas  tidak mengerjakan apa pun.  Kondisi ini sebenarnya bisa disiasati sebelumnya, dengan memperhatikan pola makan yang benar serta ditambah suplemen vitamin.

Trik agar puasa tidak cepat lemas

Lakukan lima trik ini agar puasa tidak  cepat lemas dan tetap sehat sepanjang hari.  Tips ini disusun oleh pakar kesehatan dan mudah dilakukan siapa saja.

  • Menu sahur dengan nutrisi seimbang

Anggap saja santap sahur sebagai sarapan di bulan puasa.  Menu sahur sebaiknya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh harian. Bahkan porsi nutrisi harus diperbanyak dari hari biasanya.

  • Minum susu segar

Susu sapi bisa dijadikan sebagai suplemen alami, sumber protein hewani.  Fungsi protein  membangun stamina tubuh. selain itu susu juga mampu menahan lapar cukup lama dari pada minuman biasa. sebaliknya saat  berbuka puasa sebaiknya minum minuman manis guna memulihkan energy yang terbuang.

  • Istirahat cukup

Selama menjalankan ibadah puasa Anda sebaiknya dapat mengatur waktu  kapan bekerja dan  istirahat. Meski sesibuk apa pun sbaiknya luangkan waktu untuk beristirahat.   Manfaat istirahat selain agar untuk mengembalikan tenaga,  juga menghembat energy  agar tidak mudah lemas.

  • Saat sahur jangan minum air es

Saat santap sahur sebaiknya hindari minum minuman dingin. Mengapa? Karena air es memicu naiknya asam lambung dan membuat perut jadi kembung dan sebab. Imbasnya  porsi makan jadi sedikit.  Pilihlah minuman hangat agar tubuh kembali bugar dan mengurangi rasa kantuk.

  • Hindari tidur larut malam

Selama puasa sebaiknya  disiplin untuk tidur tepat waktu, tujuannya agar nanti saat waktu sahur bangun tidur tidak telat.  Sebaliknya apabila Anda sering tidur larut malam, membuat susah bangun, dan badan terasa lemas di pagi hari. Karena kurang tidur dan metabolisme terganggu.

Trik ringkas ini bisa diterapkan kepada buah hati Anda yang memulai belajar puasa. Akhir kata semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.