Categories
Olahraga

Inilah Tiga Olahraga Tepat Saat Puasa

Menjalankan puasa bukan berarti tidak beraktivitas berat.  Ibadah puasa merupakan kewajiban bagi umat Islam yang tidak bisa ditawar lagi.  Meski puasa  kerja dan olah raga tetap jalan terus.   Agar tidak memberatkan fisik Anda sebagainya memilih olahraga tepat saat puasa.

Olah raga merupakan  cara yang mudah dan murah untuk memperkuat ketahanan tubuh agar tidak mudah sakit.  Melancarkan peredaran dalam dan menjaga kesehatan jantung dan paru –paru.  Selain itu membuat pernapasan lebih kuat.

 Berolahraga dianjurkan dilakukan  minimal seminggu tiga kali. Namun saat berpuasa Anda tinggal mengatur jadwalnya saja.  Misalnya yang tadinya dilakukan siang, diganti pada pagi hari atau malam hari setelah sholat terawih. Atau di pagi hari setelah sholat subuh, justru lebih baik.

Olahraga Tepat Saat Puasa

Berikut ini tiga jenis olahraga yang disarankan saat puasa

  • Jogging

Jogging atau berlari –lari kecil bisa dicoba saat menjalankan puasa. Olah raga ini bisa dilakukan dipagi hari saat matahari baru menyising. Bisa juga dilakukan di sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

  • Senam

Senam adalah olahraga yang aman bagi siapa pun yang tengah berbuka. Senam ringan atau senam jantung yang dilakukan selama 20 menit sudah cukup efektif membantu memperkuat jantung dan membakar kalori dalam tubuh.

  • Jalan kaki

Opsi ketiga Anda bisa lakukan dengan cara jalan kaki, selama  30 menit setiap hari. Waktunya bisa dilakukan pagi hari atau sore hari.

Namun agar tubuh tetap segar dan tetap kuat saat berolahraga sebaiknya. Anda juga harus mempersiapkan diri sebelumnya dengan memakan makanan sehat saat buka puasa dan sahur.  Asupan energy jangan sampai kurang atau berlebihan.  Jika kurang maka tubuh akan terasa lemas, dan tak bertenaga. Demikian pula terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat seperti nasi, berimbas pada penumpukan lemak.

Saat berbuka juga harus di imbangi dengan minum air putih yang cukup banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa.  Sebaiknya di malam hari tetap mengonsumsi air minimal 2 liter, agar tubuh tetap segar.