Categories
Makanan Sehat

Inilah makanan tepat memulihkan energy saat buka puasa

Beraktivitas  seperti biasa saat menjalani ibadah puasa merupakan tantangan tersendiri.  Menjadikan  energy cepat dan tubuh mudah lemas.   Maklum saja ketika puasa, kita dilarang makan dan minum selama lima belas jam.  Baru boleh berbuka puasa menjelang  magrib.

Biasanya setelah bedug magrib berbunyi, kita langsung menyantap kudapan  yang disukai  hingga kenyang. Tak heran setelah berbuka bukannya segar kembali justru  perut teras penuh dan mengantuk. Karena kekanyangan membuat malas beribadah malam seperti menjalankan sholat tarawih.  Mengapa bisa demikian, karena menu yang dimakan tidak cukup efektif mengembalikan energy yang terkuras.

Makanan kecil yang mengandung zat gula tinggi ternyata sangat lamban diserap oleh tubuh.  Demikian juga daging merah dan makanan olahan yang buat melalui proses panjang, membuat organ pencernaan harus bekerja ekstra berat.  Sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat dan pasokan energy juga melamban.

Macam –macam makanan sehat memulihkan energy

Ada sejumlah makanan alami yang relative lebih cepat diserap oleh tubuh. Sehingga cukup efektif memulihkan stamina.

  • Roti gandum

Roti gandum jauh menyehatkan dari pada nasi.  Kandungan karbohidratnya lebih tinggi, selain itu juga kaya akan serat alami.  nutrisi yang terakhir disebutkan ini membantu proses penyerapan tubuh dan mampu mengikat lemak jenuh.

  • Coklat

Mengawali berbuka puasa dengan minum segelas coklat hangat cukup manjur mengobati rasa lelah setelah seharian bekerja keras.

  • Kentang

Menyantap kentang rebus sebagai menu buka puasa, membuat tubuh kembali bugar lagi.   Makanan pengganti nasi ini, tidak menghasilkan gas yang mengakibatkan perut cepat kenyang.

  • Jagung

Jagung juga percayai dapat mengembalikan energy dengan cepat. Kandungan karbohidratnya lebih cepat dicerna oleh tubuh.  selain itu kandungan zat gula tidak begitu banyak. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Diskripisnya kurangi menyantap makanan dan minuman yang terlalu manis saat berbuka puasa. Memang gula dapat meningkatkan energy secara simultan namun setelah itu  akan kembali menurun drastis, dan akhirnya menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai salah satu sumber tenaga sehingga tubuh  justru cepat lemas dan mengantuk.