Makanan Sehat Penambah Darah

Inilah Makanan Sehat Penambah Darah Untuk Anemia

Ketika menjalani rutinitas kerja sambil berpuasa Ramadhan merupakan tantangan yang cukup berat. Apalagi jika pekerjaan mengharuskan Anda lebih banyak melakukan aktivitas fisik di luar kantor, seperti terjun kelapangan, meninjau proyek dan sebagainya. Jelas perlu persiapan ekstra saat sahur agar fisik tidak mudah letih.

Bagi orang yang punya penyakit anemia atau kekurangan darah, bisa jadi menjadi puasa yang paling berat. Namun apabila Anda mampu menjalankan ibadah wajib dengan penuh keiklasan  di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Insyallah anemia tidak bakal kambuh. Namun asalkan Anda wajib  mematuhi makanan sehat penambah darah saat santap sahur atau berbuka puasa.

Macam –macam makanan sehat penambah darah

Kunci sukses agar berhasil menjalankan menempuh ibadah puasa selama bulan Ramadhan  bagi penderita anemia adalah pada makanan sehat penambah darah. Terdiri dari sayuran hijau, daging merah, telur dan kacang –kacangan.

  • Kuning telur

Kuning telur ayam kampung ternyata baik untuk meningkat produksi darah merah dalam sekejap.  Sebutir kuning telur mengandung 30 % zat besi dan B2.  Direkomendasi dikonsumsi setiap buka dan santap sahur.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam dan sawi hijau merupakan makanan yang dirokemendasikan untuk dikonsumsi selama bulan puasa.  Ketiga jenis sayuran tersebut mampu menambah produksi sell darah merah.   Alternatif lain ada brokoli, paprika atau lobak.

  • Ikan laut

Ikan laut segar seperti tuna, cakalang atau tongkol memiliki kandungan zat besi, dan protein yang cocok untuk menambah darah.  Misalnya dalam 100 gram daging ikan tuna mengandung 2,5 mg zat besi.

  • Hati sapi

Pilihan selanjutnya ada hati sapi, meski jeroan termasuk makanan yang mengandung banyak kolesterol. Tapi jika dikonsumsi sesuai dengan takaran tepat, bermanfaat menambah darah. Makan ini juga cocok dimakan oleh balita yang kurang gizi, atau terlambat berjalan.

  • Daging sapi

Daging sapi segar termasuk makanan sehat penambah darah, dianjurkan sebagai menu utama saat buka puasa.  Daging sapi segar setiap 100 gr mengandung kadar zat besi hingga 2,8 mg.