Categories
Makanan Sehat

Inilah Lima Sayuran Terbaik Untuk Diet

Saat menjalani program diet tak lepas dari pemilihan menu harian yang harus disantap agar tidak kelebihan kalori dan lemak. Sayuran menjadi menu wajib karena efektif menurunkan berat badan dengan sehat.

Sayuran mengandung kadar serat sangat tinggi  berfungsi meluruhkan timbunan lemak dalam perut, melancarkan proses pencernaan. Sementara kandungan kalsium dan zat besi berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah agar mencegah gejala anemia.   Selain itu banyak mengonsumsi sayuran juga membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan hasrat untuk ngemil.

Rutin mengonsumsi sayuran juga berkhasiat menurunkan resiko penyakit berbahaya dan penyakit degenaratif seperti diabetes miletius, stroke dan hipertensi.  Berikut ini adalah lima sayuran terbaik untuk program diet.

  • Bayam

Bayam merupakan super food yang direkomendasi menjadi menu utama progam diet. Dalam semangkuk bayam mengandung kalori sebanyak 20 kal, selain itu terdapat berbagai jenis mineral, vitamin A, Vitamin B komplek dan serat.  Sayuran ini juga berperan sebagai makanan sumber produksi sel darah merah.

Namun bayam hanya boleh dikonsumsi sekali saja, demikian pula jangan terlalu lama di masak agar kandungan nutrisinya tidak cepat hilang.

  • Brokoli

Brokoli kaya akan nutrisi terutama kalsium mineral dan serat. Ketiga nutrisi ini dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kekabalan tubuh.  Sayuran ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. tapi jangan terlalu lama di masak atau direbus agar nutrisinya tidak hilang.

  • Selada merah dan hijau

Selada merah atau hijau adalah sayuran yang direkomendasi untuk menjaga berat badan. Bahan makanan ini bisa disantap tanpa di masak.  Sayuran ini sering dipakai untuk lalapan bersama sambal. Tapi untuk menu diet, selada sebagai bahan campuran membuat salad dicampur bersama jenis sayuran lain.

  • Kentang

Kentang merupakan makanan sumber karbohidrat alternatif, pengganti nasi putih.  Kentang disarankan untuk mereka yang menjalani diet rendah gula.

Kesehatan merupakan investasi masa depan yang tak ternilai harganya. Mari kita mulai  peduli akan pentingnya menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.