Categories
Makanan Sehat

Inilah lima jenis jamur berkasiat

Sejak dahulu kala manusia memanfaatkan jamur sebagai bahan makanan dan keperluan pengobatan. Sebelum dibudidaya secara modern, manusia jaman dulu harus bersusah payah mencarinya di hutan –hutan belantara. Selain itu juga orang dahulu tergantung dengan musim, pasalnya biota ini tidak tumbuh sepanjang masa.  Jamur hanya ditemukan pada  musim –musim tertentu seperti musim hujan, ketika kelembaban makin  meningkat.

Oleh karena hambatan faktor tersebut, jamur menjadi produk ekslusif sejak dahulu, nilai ekonomisnya tinggi, dan tidak sembarang orang dapat mengonsumsinya. Bahkan  di daratan Tiongkok, jamur adalah salah satu bahan makanan khusus  raja –raja  China.

Namun seiring perkembangan waktu, jamur sekarang bisa dibudidayakan  dengan mudahnya, tanpa perlu tergentung dengan alam. Bahkan  dengan sedikit rekayasa suhu dan mengatur kelembaban ruangan.   Jamur bisa dipanen setiap saat tanpa mengenal musim.

Dunia medis pun mengakui akan khasiat bahanan makanan tersebut. ada banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat menunjang kesehatan dan menyembuhkan sejumlah gangguan kesehatan.

Berikut ini ada lima jenis jamur yang  diakui berkashiat menyembuhkan penyakit :

  • Chanterelle

Jamur chanterelle berasal dari daratan Eropa. Jamur jenis ini berkasiat mengembalikan gangguan metabolisme tubuh.  jamur ini juga berfungsi sebagai antitoksi, membersihkan gangguan kulit dan menguatkan persendian.

  • Shimeji

Jamur shimeji dikenal masyarakat Jepang, sebagai obat herbal menyembuhkan berbagai penyakit berat maupun ringan.   Jamur ini mengandung senyawa anti kanker dan dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor.   Ekstrak shimeji dapat mengatasi sakit radang tenggorokan, alergi, asma dan sakit perut akibat maag maupun diare.

  • Porchini

Orang italia meyakini jamur porchini dapat memulihkan sakit akibat peradangan. Menurunkan  hipertensi  dan melindungi  fungsi jantung.  Sementara kandungan egosterol berfungsi menurunkan resiko kanker.

  • Tiram

Jamur tiram sangat familier di Indonesia, jamur ini dijadikan sebagai bahan membuat berbagai jenis makanan.   berfungsi mengganti daging bagi penganut vegetarian.  Jamur tiram kaya akan serat, protein dan mineral.

  • Maitake

Di kalangan pengobatan herbal Tiongkok, jamur maitake dipakai untuk mengobati penyakit kanker payudara. Senyawa yang dilepaskan oleh jamur ini, dapat  mematikan sel kanker payudara.