Categories
Tips Sehat

Inilah Kebiasaan Yang Membuat Anda Panjang Umur

Semua orang tentu menginginkan panjang umur, agar bisa mengisi hidupnya dengan perbuatan positif.  Meski kita tak bisa tahu batas hidup  ini sampai kapan berakhir. Tapi setidaknya kita bisa membuat kehidupan ini lebih bermanfaat dan berkwalitas dengan menjaga kesehatan.  Tujuannya semata –semata untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit.

Contohlah orang Jepang, China dan Singapura, rata –rata harapan hidup masyarakat tiga negara tersebut sangat panjang.  Di Jepang dan China banyak sekali ditemukan orang berusia diatas 70 tahun dan mereka masih terlihat produktif.  Fenomena positif ini tidak karena sebuah keajaiban, melainkan kebiasaan hidup sehat yang telah dilakukan setiap hari.

Kebiasaan Yang Membuat Anda Panjang Umur

  • Gemari sayuran

Biasakan menyukai makan sayuran, dan buah –buahan agar  tubuh tetap sehat. Sayuran mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kelancaran metabolism, regenerasi sell dan menjaga organ dalam.  Rutin mengonsumsi buah-buahan membuat Anda tidak mudah sakit dan menetralisir racun dalam tubuh.

  • Hindari makan berlemak

Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti daging merah, makanan manis, dan snack dan sebagainya.  Makanan berlemak bisa memicu penyakit berbahaya seperti stroke, jantung koroner, obesitas dan asam urat.

  • Perbanyak akivitas fisik

Perbanyak aktivitas fisik harian seperti jalan kaki, membersihkan rumah, naik tangga  dan  sebagainya. Jangan malas untuk bergerak agar tubuh tetap sehat selain itu menguatkan juga fungsi jantung.

  • Kendalikan stress

Stress merupakan penyakit mental yang sering dialami oleh siapa saja. Pencetus stress sangat banyak tapi bermuara dari beban masalah yang tak cepat terurai. Akumulasi masalah yang tidak terselesaikan bisa menyebabkan stress berat.   Penyakit ini sebenarnya mudah disembuhkan dan dicegah. Kita hanya butuh manejemen stress dengan belajar menyelesaikan masalah sesuai dengan prioritasnya. Ja

  • Hindari makanan olahan, minuman keras

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang merusak kesehatan seperti minuman keras, minum kopi terlalu sering. Jauhi juga makan makanan olahan, makanan awetan, fast food. Makanan jenis tersebut untuk jangka panjang justru menimbul penyakit kanker.

  • Olahraga

Olahraga bermanfaat menguatkan tubuh, otot-otot kaki dan tangan. Selain itu juga melancarkan metabolime tubuh dan menguatkan sistem kardiovaskuler.