Categories
Minuman Sehat

Inilah Kebaikan Susu Yang Tidak Anda Ketahui

Sedari muda kita dianjurkan minum banyak susu agar tubuh jadi sehat. Namun ternyata kebiasaan  minum susu di kalangan masyarakat Indonesia masih sangat rendah.  Akibatnya rata-rata tinggi badan orang Indonesia di bawah rata –rata orang penduduk Asia lainnya.

Salah satu manfaat susu untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Susu mengandung banyak protein dan mineral. Dua nutrisi ini penting untuk mendukung pertumbuhan tulang  dan gigi.   Maka dari itu ketika balita dianjurkan rutin minum susu setiap hari. Sedangkan pada orang dewasa manfaat susu untuk mencegah osteoporosis atau proses pelapukan tulang.

Susu merupakan salah satu minuman sehat yang berasal dari air susu sapi yang diperah dari sapi holeistien.  Sapi jenis ini merupakan jenis peranakan yang berasal dari Belanda, dan Belgia. Sapi Holeistein hanya bisa dikembang biakan di dearah dataran tinggi saja.  Sedangkan sentra produksi susu sapi  di Indonesia terdapat di Boyolali, Pengalengan, Lembang, dan Malang.

Kebaikan Susu

Kandungan nutrisi pada segelas susu segar antara lain karbohidrat, protein hewani, kalsium, mineral, riboflavin, kalium, magnesium. Namun  manfaat susu tak hanya sebatas itu saja. Ada beberapa  khasiat dari minuman sehat ini sebagai penjaga kesehatan.  Inilah beberapa fungsi positif segelas susu sapi :

  • Meredakan stress

 Minum segelas susu hangat sepulang kerja, ternyata merasang keluarnya hormone sorotin yang sifatnya menenangkan pikiran.  Dengan kata lain susu dapat meredakan stress dan rasa gelisah. Selain itu susu juga bermanfaat menyembuhkan insomnia atau kesulitan tidur.

  • Meningkat kesuburan pada wanita

Pada wanita dewasa yang ingin cepat punya momongan, disarankan minum susu. Karena minuman ini bermanfaat menyuburkan kandungan.

  • Menjaga berat badan

Selama ini ada anggapan bahwa susu menyebabkan kegemukan karena banyak mengandung lemak.  Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar,  justru susu sapi justru dapat menjaga berat badan agar tetap ideal.  Mengapa bisa demikian?  minum segelas susu menimbulkan rasa kenyang cukup lama, secara tak langsung menekan hasrat untuk ngemil.

  • Menambah darah

Bagi penderita anemia atau kekurangan darah merah, disarankan untuk minum dua gelas susu rendah lemak.  Ada banyak kandungan mineral dan zat besi pada susu yang berfungsi menambah produksi darah merah.

Sekian dulu penjelasan singkat tentang rahasia dari kebaikan susu untuk menjaga kesehatan.