Categories
Minuman Sehat

Inilah Fungsi Positif Magnesium Untuk Tubuh

Selama ini fungsi magnesium kurang diperhatikan oleh kita. Padahal jenis mineral ini fungsinya sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Faktanya di Indonesia masih banyak anak yang menderita anemia, meninggal karena serangan jantung dan stroke.

Fungsi magnesium antara meningkatkan kekuatan otot jantung, menambah darah, mengurangi peradangan, menguatkan tulang atau mencegah osteoporosis.  Sebaliknya apa bila kekurangan nutrisi ini tanda –tandanya sering sakit kepala, migraine, jantung berdebar-debar, lemas, anemia dan masih banyak lagi.  Selain itu juga bisa mengganggu kejiwaan dan mental.

Apa bila kondisi ini terjadi pada anak –anak  menyebabkan mereka kesulitan belajar, sulit konsentrasi, akibatnya prestasi menurun. Fenomena kekurangan kalsium kerap terjadi di masyarakat yang lokasinya terpencil. Selain itu juga masyarakat marginal dimana tingkat perekonomiannya rendah.  Hal ini tentu tidak boleh terjadi di Indonesia.

Makanan sumber magnesium alami  

Di bawah ini merupakan makanan alami sumber magnesium tinggi. Semua makanan ini mudah didapatkan.

  • Ikan laut

Hampir semua jenis ikan laut segar mengandung  kalsium tinggi. Terutama ikan tuna, makarel, tongkol, udang dan sebagainya. Selain itu makanan ini juga mengandung nutrisi lain seperti Omega 3, protein hewani.

  • Kangkung

Kangkung salah satu jenis sayuran yang paling banyak mengandung magnesium. Selain itu kalsium, serat, vitamin B komplek.  Makan kangkung bermanfaat mencegah anemia,  menguatkan tulang, gigi, dan menyuburkan rambut.

  • Kembang kol

Solusi lain adalah kembang kol, sayuran dataran tinggi ini adalah solusi tepat untuk mencukupi asupan magnesium.  Bahan makanan ini kerap dipakai untuk membuat berbagai masakan nusantara.

  • Alpukat

Buah tropis ini mengandung tertinggi dari pada buah lain. Fungsi magnesium pada daging alpukat berfungsi menjaga kesehatan jantung, mencegah tulang kropos  dan menghitamkan rambut.

  • Kacang –kacangan

Hampir semua jenis kacang –kacangan adalah makanan sumber kalsium tinggi, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium dan protein nabati.

  • Susu

Susu dan semua makanan olahannya adalah sumber kalsium paling banyak.  Pada masa anak –anak bermanfaat memacu pertumbuhan badan.