Categories
Makanan Sehat

Inilah empat makanan super food alternatif

Makanan tak hanya sekedar menghentikan rasa lapar saja, tapi lebih dari sekedar itu.   Lebih tepatnya adalah meningkatkan kwalitas hidup dan menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Maka dari itu, kita harus cerdas memilih bahan makanan yang tepat untuk kebutuhan kita dan keluarga.

Berbicara tentang super food atau bahan makanan yang kaya akan nutrisi, ternyata ragamnya sangat banyak.  Super food merupakan makanan yang mampu memenuhi  kebutuhan tubuh akan nutrisi harian.  Maka dari itu dalam setiap menu makanan harus ada unsur super food, seperti sayuran, ikan, dan jenis makanan lain yang bernutrisi tinggi.

Agar tidak bosan mengonsumsi jenis makanan yang main stream, ada baiknya Anda mencoba memakai bahan lain yang kandungan nutrisinya tak kalah banyak.  Berikut ini ada lima jenis super food alternatif yang bisa Anda masukan dalam daftar resep masakan harian.

  • Biji wijen

Selama ini keberadan biji wijen dipandang sebelah mata.  Biji wijen bukanlah bahan makanan asing lagi di kalangan orang Indonesia. Bijian yang berbentuk butiran putih kecil-kecil, kerap dipakai untuk tambahan membuat makanan ringan.

Namun tahukah anda bahwa wijen ternyata  kaya akan senyawa asam lemak omega 3, setera dengan chia seed. Manfaat nutrisi tersebut untuk meningkatkan kesehatan jantung, otak. selain itu  biji wijen mengandung antioksidan tinggi,serta mineral dan kalsium.

  • Kubis

Jangan remehkan kubis, sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. kubis bisa dijadikan sebagai super food alternatif, menggantikan kembang kol. Kobis mengandung nutrisi cukup banyak, bermanfaat membentuk kekebalan tubuh.

  • Buncis

Buncis jenis sayuran yang mudah dibudidayakan dan harganya murah.  Kandungan nutrisi pada sayuran ini setera dengan quinoa, meliputi  karbohidrat, lemak tak jenuh, vitamin B komplek, protein dan fiber.

  • Cranberry

Cranberry bisa dijadikan alternatif sebagai  makanan tambahan, pengganti blueberry maupun raspberry.  Kandungan antioksidan cranberry cukup tinggi, dapat meningkatkan metabolisme tubuh.