Categories
Tips Sehat

Inilah Empat Fakta Mengapa Goji Berry Disebut Super Fruit

Masyarakat China menempatkan goji berry dalam daftar super fruit, alasan ini didukung dari nutrisi yang terkandung dan kasiatnya yang bisa menangkal sejumlah penyakit. Tak dipungkiri di kalangan orang Indonesia belum lazim dengan goji berry.  Memang goji beri berasal dari dataran Tiongkok. Di Indonesia belum dibudidayakan karena terkendala berbedaan cuaca. Namun buah ini sekarang bisa didapatkan ditoko-toko makanan maupun toko obat herbal.

Goji berry dijual dalam keadaan kering dan dikemas dengan berbagai ukuran.  Buah kering bisa dipakai sebagai campuran makanan maupun minuman. Misalnya diseduh dengan air panas dan diminum sebagai teh goji.  Bisa jika dipakai sebagai campuran sereal bersama oatmeal, irisan pisang dan susu segar.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat super fruit dari Tionghoa ini, mari kita ulas dulu apa itu goji beri.  Buah ini bernama latin f Lycium barbarum. Masuk dalam keluarga buah buni, satu kerabat dengan black berry, raspberry, blueberry, strawberry.   Sementara di Eropa buah  gouji dinamai wolfberry.

Kandungan buah yang masuk dalam keluarga berry cukup lengkap terdiri dari vitamin C, vitamin A, vitamin B,  dan antioksidan, 18 asam amino,asam lemak omega 6,  berbagai jenis mineral.  Dari kandungan nutrisi yang komplit ini buah gouji berry diyakini berkasiat menjaga kesehatan:

  • Menyembuhkan insomnia

Kebiasaan minum air seduhan buah goji diyakini bermanfaat menyembuhkan insomnia. Membantu agar tertidur lelap sepanjang malam.

  • Mereduksi stress & depersi

Buah gouji berry juga mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi sorotine, hormone yang dapat menenangkan pikiran. Menimbulkan sensasi rileks, maka dari itu ahli pengobatan Tionghoa merekomendasikan buah ini sebagai obat menurunkan stress dan kecemasan.

  • Sumber energy

Kandungan energy buah berry ini cukup besar. Cukup efektif mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian bekerja atau berolahraga. selain itu kandungan lemaknya rendah tidak menyebabkan kegemukan.

  • Sumber serat dosis tinggi

Kandungan serat pada goji berry sangat besar, efektif untuk melancarkan proses pencernaan. Buah ini baik bagi mereka yang menggemari menyantap daging merah.  Kandungan serat ini juga dapat menurunkan resiko stroke dan serangan jantung.