Inilah Diet Tepat Untuk Orang Indonesia

Inilah Diet Tepat Untuk Orang Indonesia

Selama ini kita selalu disodori dengan informasi – informasi tips diet dari luar negeri, yang berisikan bagiamana memilih menu yang tepat untuk program diet.  Kontent yang notabene jauh dari kebiasaan apa yang santap orang Indonesia. Tentu saja informasi ini kurang begitu bermanfaat dan mungkin jauh dari harapan apa yang dicari selama ini.

Metabolisme orang Asia berbeda dengan manusia Eropa, hal ini bisa dibedakan dengan jenis makanan pokoknya.  Rata –rata manusia Asia adalah penyantap nasi sebagai sumber asupan energy. Selain itu juga cara mengolahnya pun jauh berbeda, masyarakat Eropa lebih banyak memasak dengan cara dikukus, di rebus dan dengan sedikit bumbu.  Berbeda dengan orang Indonesia, yang punya kebiasaan memasak makanan dengan cara digoreng, diberi santan, dan berbagai jenis bumbu.

Diet  tepat untuk Orang Indonesia dimulai dengan mengubah pola makan dan cara memasaknya.  Serta sedikit meningkatkan kegiatan olahraga. Berikut ini lima tips deta tepat untuk orang Indonesia yang mungkin Anda coba sendiri :

  • Ganti nasi putih dengan jagung

Sekali –kali mencoba mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lain yang mudah didapatkan seperti singkong, kentang, ubi jalar, atau jagung. Semua makanan tersebut kandungan karbohidratnya tinggi dan rendah gula. Jadi tidak membuat cepat gemuk.  Selain itu ketela misalnya tidak membuat menimbulkan sensasi mengenyangkan, dan tidak membuat cepat lapar.

  • Ganti minyak goreng dengan minyak zaitun

Kebiasaan menggoreng dengan minyak sawit atau minyak kelapa sebenarnya untuk jangka panjang tidak baik untuk kesehatan. Solusinya coba ganti minyak sawit dengan minyak zaitun, lebih aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan stroke.

  • Hindari makanan yang dimasak berkali –kali

Jangan menyantap makanan yang dimasak berkali –kali, atau overcook. Sebab makanan seperti itu kandungan gizinya rusak, dan jauh berkurang. Selain itu juga bisa memicu penyakit berbahaya.

  • Perbanyak makan sayuran hijau

Perbanyak menyantap kuliner yang dibuat dari sayuran segar, seperti pecel, gado –gado, karedok, cah kangkung dan sebagainya.  Masakan seperti tidak menyebabkan diet Anda tak nyaman.  Hanya saja cara memasaknya jangan terlalu lama.

  • Ganti teh kental dengan air putih atau jus buah

Kurangi kegemaran menikmati kopi kental ataun teh manis kental, ganti dengan minuman yang lebih menyehatkan seperti air putih, jus buah, atau jamu kunir asem, jamu temu lawak yang terbukti dapat meningkat imunitas tubuh.

  • Jangan malas jalan kaki

Tips terakhir jangan malas untuk jalan kaki. Contohlah orang Jepang mereka gemar jalan kaki, sehingga bisa meningkatkan harapan hidup lebih lama. Aktivitas ini membuat fisik tetap prima, menghindari gangguan jantung, dan kegemukan.

Sekian dulu sekilas informasi tentang diet Tepat Untuk Orang Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.