Categories
Tips Sehat

Inilah Cara Mudah Cegah Penyakit Degeneratif

Sejumlah penyakit degeneratif seperti jantung koroner, stroke, hipertensi, dan diabetes sebenarnya sebagian besar muncul karena dibuat sendiri. yakni melalui kebiasaan pola makan yang tidak sehat. Hal ini terjadi karena selama ini karena kebiasaan itu tidak disadari selagi masa muda saat sehat.  Akibatnya ketika usia sudah setengah baya penyakit tersebut menjangkiti mereka, dan tidak bisa disembuhkan.

Termasuk juga obesitas pada anak –anak maupun orang dewasa bisa memicu timbulnya serangkaian penyakit degeneratif.  Menurut laporan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyakit degeneratif ini masih menjadi pembunuh nomor satu penduduk Indonesia. Angka ini masih belum bisa ditekan karena penyakit tersebut sifatnya silent killer menyerang secara tiba –tiba.

Maka dari itu untuk mencegah penyakit degeneratif, tak perlu dengan obat –obatan tapi dengan langkah sederhana yakni mengubah pola makan dan kebiasaan hidup sehat.  Selain itu juga bagi yang mempunyai masalah dengan kelebihan berat badan sebisa mungkin dikurangi.   Ini pencegahan ada tiga pokok yakni diet seimbang, aktif bergerak dan kendalikan stress.   Namun ketiga pokok  tersebut bisa dijabarkan menjadi beberapa point.

Berikut ini adalah cara mudah cegah penyakit degenerative yang bisa Anda coba sendiri di rumah :

  • Kurangi garam, dan gula pada makanan anda

Biasakan makan dengan rasa  standar, maksudnya kurangi penggunaan garam, gula dan MSG atau bumbu instant.  Kebanyakan garam memicu hipertensi dan penipisan lapisan pembuluh arteri. Sementara terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa memicu diabetes.

  • Rutin sarapan pagi

Disiplin sarapan pagi dengan kecukupan nutrisi. Sarapan pagi berfungsi menjaga tubuh tetap segara, memasuk cadangan energy untuk memulai aktivitas.  Selain itu menekan hasrat untuk ngemil.

  • Kurangi makanan kemasan

Perhatikan juga jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan atau kemasan. Sebab semua makanan kemasan banyak mengandung bahan pengawet dari zat kimia, bahan pewarna dan msg.

  • Minum air putih

Biasakan minum air putih, minimal delapan gelas sehari atau 2 liter. Fungsi air putih selain mencukupi asupan cairan tubuh, juga membantu melancarkan metabolisme tubuh dan luruhkan  racun  -racun  yang mengendap di saluran pencernaan.

  • Santap makanan berserat tinggi

Biasakan menyantap makanan berserat tinggi, seperti sayuran hijau, roti gandum, buah –buahan segar dan agar –agar.   Fungsi serat bisa menetralisir kolesterol jahat / LDL dalam darah. Mengontrol berat badan dan membantu melancarkan buang air besar.

  • Gemar aktivitas fisik

Biasakan melakukan aktivitas fisik  minimal 30 menit dalam sehari. Seperti jogging, naik tangga, bersepeda dan sebagainya. Kegiatan fisik yang menguras keringat berfungsi membakar kelebihan kalori dan timbunan lemak.