Inilah Alasan Kuat Mengapa Omega 3 Berkasiat

Omega 3 berkasiat  mencerdaskan otak dan direkomendasikan untuk ibu  hamil dan anak –anak.  Sebaliknya jika kekurangan nutrisi penting ini akibatnya anak akan mengalami penurunan intelektual dan mudah terkena peradangan. Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh yang berasal dari dari protein nabati dan protein hewani.

Selama ini kita tidak sadar akan pentingnnya jenis makanan tersebut, bahkan cenderung mengabaikan. Padahal nutrisi tersebut berfungsi menjaga kesehatan organ fital manusia seperti otak, jantung, liver dan pencernaan.

Makanan mengandung omega 3

Ada beberapa jenis makanan alami yang mengandung banyak Omega 3, seperti ikan, sayuran, kacang kacangan dan sebagainya.  Berikut ini penjelasan singkat tentang bahan makan alami tersebut.

  • Ikan laut

Para ahli gizi menyimpulkan dari hasil penelitian bahwa ikan laut ternyata paling terdapat kandungan omega 3.  Ikan tuna, cod, salmon dan lobster diyakini mengandung banyak asam omega 3.  Bahkan minyak ikan cod dianjurkan  rutin dikonsumsikan kepada anak –anak.

  • Kacang –kacangan

Sumber lain adalah dari semua jenis kacang –kacangan rata –rata kandungan omega 3 cukup banyak. Seperti kacang polong, almound, kacang tanah, walnut.

  • Minyak nabati

Minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak sawit dan minyak kelapa merupakan sumber alternatif omega 3 yang baik untuk kesehatan.

  • Telur ayam 

Telur merupakan salah satu makanan sumber  omega tiga yang paling murah dan mudah didapat.  Namun  untuk balita sebaiknya dikonsumsi  di atas usia satu tahun, guna menghindari alergi.

Omega 3 Berkasiat Untuk kesehatan

Nutrisi ini juga tak hanya baik bagi  janin dan anak –anak, melainkan juga untuk orang dewasa pun wajib mengonsumsinya.  Di bawah ini merupakan sederet manfaat Omega 3 bagi kesehatan.

  • Mempertajam daya ingat

Omega 3 merupakan nutrisi untuk otak,menguatkan signal jaringan syaraf  dan mempertajam daya ingat.  Makanan ini cocok untuk usia anak –anak dan dewasa.   Selain itu juga mencegah proses kepikunan pada orang tua.

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat kedua adala menjaga kesehatan  mata agar tidak mudah lelah,  mengurangi resiko terkena gangguan penglihatan seperti katarak, minus dan slindris.

  • Mengurangi resiko pembekuan darah

Zat Omega 3 mempunyai fungsi antikougulan yakni mencegah terjadinya pembekuan darah.  Agar tidak terjadi penyumbatan yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Demikianlah sekilas tentang rahasia  makanan mengandung Omega 3 berkasiat menjaga kesehatan.