tujuh superfood

Inilah 7 Super Food Kendalikan Hipertensi Secara Alami

Hipertensi merupakan salah satu pemicu berbagai macam penyakit degeneratif yang menurunkan kwalitas hidup seseorang. Penyebab naiknya tekanan darah karena faktor pola hidup tidak sehat.  Selain itu juga dipengaruhi dari kebiasaan menyantap makanan berlemak, ketagihan minum kopi, dan merokok.

Maka dari itu sudah menjaga kesehatan dan mengontrol tekanan darah agar stabil, dengan pola hidup sehat. Seperti berolahraga secara teratur, memperhatikan pola makan sehat dan terukur kecukupan gizi.  Ada beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Jenis makanan yang tepat untuk penderita hipertansi adalah yang mengandung mineral tinggi seperti magnesium, kalsium dan potassium.  Nutrisi tersebut bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi, dan tidak menimpulkan efek samping.

7 Super food Kendalikan Hipertensi

Berikut ini merupakan tujuh jenis makanan sehat yang berfungsi sebagai obat alami menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin C, dan mineral tinggi.  Rutin mengonsumsi 4 butir buah kiwi setiap hari, dapat mencegah naiknya tekanan darah.

  • Ubi

Ubi selain kaya akan karbohidrat, juga mengandung tiga jenis mineral yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah.   Satu buah ubi rebus mengandung  4 % kalsium, 8 % magnesium, dan 15 % potassium.

  • Pisang

Pisang matang juga diyakini manjur mengendalikan hipertensi.  Selain itu pisang juga  efektif  menurunkan stress, rangsang produksi hormone sorotine yang menghasilkan  perasaan tenang.

  • Brokoli

Sayuran hijau seperti brokoli kaya akan kandungan kalsium, magnesium, dan potasium. Selain itu kandungan serat sangat tinggi bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan mengikat lemak keluar dari tubuh.

  • Paprika merah

Seratus gram paprika merah segar mencukupi kebutuhan 9% potassium, 1% kalsium, 4 % magnesium.

  • Yogurt

Minuman susu hasil fermentasi ini kaya akan protein hewani, tidak menyebabkan kegemukan dan bermanfaat menurutkan tekanan darah tinggi.   Yogurt juga terdapat  kandungan  kalsium  hingga 49 %, magnesium 12 %, dan potasium 18 % dari kebutuhan harian mineral yang dibutuh tubuh.

  • White bean / kacang putih

Kacang putih atau white bean menjadi  solusi mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil. Kandungan  mineral dalam secangkir kacang putih terdiri dari kalsium 13%,  magnesium 30%, dan potassium 24%.