Categories
Tips Sehat

Ingin Panjang Umur? Hindari Makanan Kolesterol Ini

Makanan kolesterol secara tak sadar selalu kita santap  secara berlebihan.  MUngkin selama ini Anda gemar makan gorengan atau suka masakan yang dimasakan dengan santan. Atau pun suka jajan sembarang.  Jika benar demikian Anda berpotensi sebagai penimbun kolesterol.

Padahal kelebihan kolesterol jahat dalam tubuh  kita, bisa mengundang penyakit berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Salah satunya adalah  jantung koroner, penyakit hingga sekarang masih menduduki sebagai pembunuh nomer satu di dunia.

Penyakit ini sifatnya silent killer, menyerang dengan sekejap, dan orang yang terkena serangan jantung jika tidak lekas ditolong, nyawanya bakal melayang dalam hitungan menit saja. Selain itu jantung koroner  sulit terdeteksi hanya melalui visual.

Jauhi Makanan Kolesterol

Berikut ini beberapa contoh makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi. Sebaiknya Anda hindari agar tubuh tetap sehat dan bugar.

  • Jeroan dan makanan olahan dari daging

Menyantap jeroan kambing atau sapi memang sangat lezat rasanya. Namun tahukah Anda dibalik kelezatan tersebut, ternyata kandungan kolesterolnya mencapai 564mg kolesterol / 100 gram.  Selain itu   kadar purin pun di atas rata –rata.  Tak heran jika jeroan disebut biang keladi penyakit stroke dan asam urat.

  • Daging kambing

Daging kambing merupakan kelompok daging merah yang dianjurkan untuk dihindari.  Jenis daging ini dikenal memiliki kandungan lemak tinggi. Selain itu juga dapat memicu hipertensi.

  • Daging sapi

Daging sapi  pun  masuk dalam katergori makanan pantangan untuk diet kolesterol.  Misalnya saja iga bakar mengandung 66 mg atau 22 % AKG.

  • Kuning telur

Selama diet kolesterol, Anda boleh mengonsumsi telur, tapi hilangi dulu bagian kuningnya.  Sebab bagian tersebut mengandung 210 mg kolesterol atau 70% AKG.  Dalam kondisi normal anda boleh menikmati sebutir telur rebus di pagi hari. Namun untuk santap siang dan malam , sebaiknya tambahkan asupan sayuran untuk menetralisir kolesterol jahat.

  • Durian

Durian termasuk salah satu buah –buahan yang patut dihindari, jika tidak ingin mengalami gangguan tekanan darah tinggi.  Kandungan lemak jenuh dalam daging durian bisa memicu hipertensi, dan membuat badan terasa panas.  Karena organ pencernaan harus bekerja keras mencerna makanan ini.

  • Sea food ( udang,kerang, kepiting dan cumi-cumi )

Seafood non ikan seperti cumi-cumi, udang dan kepiting dikategorikan makanan Kolesterol jahat.  Per 100 gram daging kerang terdapat 105 mg kolesterol.  Sementara daging lobster terdapat 61 mg / 3 ons.