Categories
Olahraga

Hindari Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Olahraga Anda Sia-sia

Berolahraga merupakan satu solusi mudah untuk menjaga kebugaran tubuh. bagi manusia modern aktivitas ini sudah menjadi sebuah kebutuhan.   Dengan berolahraga membantu tubuh membakar timbunan kalori dan menjaga kesehatan fungsi jantung.

Namun apabila Anda merasa belum ada perubahan dan masih ada yang kurang meski rutin  fitness atau pergi ke gym.  Jangan risau dulu, mungkin ada sesuatu yang tidak Anda sadari selama ini.

  • Makan tidak tepat

Penyebab pertama mungkin waktu makan tidak tepat, yakni 30 menit sebelum berlatih. Selain itu juga faktor asupan nutrisi yang tidak seimbang. Seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak seperti daging merah. Sehingga mengambat proses pembakaran kalori.

Idealnya sebelum berolahraga pilihkan menu makanan mengandung nutrisi yang membantu proses pembakaran kalori. Misalnya sayuran hijau  yang terdapat banyak serat. Makanan yang mengandung protein nabati seperti tempe dan tahu. Kedua nutrisi ini membantu proses pembakaran lemak secara optimal.

  • Kurang tidur

Kwalitas tidur secara tak langsung berdampak pada kesehatan. Kurang tidur karena begadangan atau insomnia memicu tubuh bekerja ektra keras.. kondisi ini bisa mengganggu keseimbangan, konsentrasi dan efektivitas proses pembakaran lemak.

  • Minum terlalu banyak air

Memang saat diolahraga kita dianjurkan minum air putih guna mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Tapi apabila minum terlalu banyak air juga hasilnya tidak baik.  lambung dipenuhi dengan cairan, menimbulkan rasa kembung dan mual saat melakukan aktivitas berat seperti gym dan fitness. Kondisi ini membuat tubuh tidak nyaman.

  • Tidak mengurangi kopi

Sulit melepaskan diri dari kecanduan kopi juga mengganggu proses pembentukan tubuh.  racun kafein yang terdapat pada secangkir kopi menghambat proses pembakaran lemak.  memang minum secangkir kopi dapat meningkatkan mood dan semangat berolahraga. tapi apabila diminum dalam porsi besar bisa mengganggu pencernaan, menaikan asam lambung.

  • Kurang istirahat

Penyebab lain bisa juga Anda kurang beristirahat, atau mengabaikan rehat barang sejenak.  Kebiasaan buruk ini sebenarnya tidak baik bagi tubuh.  Dalam jangka panjang bisa membahaya jantung.  Idealnya  waktu istirahat siang itu selama satu hingga dua jam.  Pada masa rehat ini diselingi dengan santap siang.