aging

Hindari Enam Kebiasaan Ini Agar Tidak Cepat Tua

Usia terus bertambah berarti proses penuaan pun turut berlangsung. Tapi siapa yang tak ingin penampilan terkesan lebih tua dari pada umurnya.   Tua merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari, tapi proses penuaan bisa lebih cepat dari yang diharapkan.  Kondisi ini bisa saja terjadi karena ada pemicunya.

Terkadang kita tidak sadar terhadap kebiasaan yang dilakukan sehari –hari ternyata dapat merugikan kesehatan dan memicu gangguan metabolisme tubuh.

ada enam kebiasaan sehari -hari yang tanpa disadari ternyata dapat memicu proses penuaan.

  • Gemar duduk berlama –lama

Kebiasaan duduk berlama –lama sambil nonton televisi atau bekerja di belakang meja / komputer, ternyata beresiko mengalami penurunan metabolisme lebih cepat.  Ketika duduk, tubuh menjadi statis dengan demikian metabolisme pun turut melamban.  Di sisi lain pembakaran kalori tidak optimal sehingga memicu kegemukan.

  • Kecanduan rokok

Asap rokok terbukti dapat menurunkan kesehatan fisik dan mempercepat proses penuaan dini.  Satu batang rokok mengandung ribuan radikal bebas yang bisa meracuni tubuh  dan organ respitori. berbeda dengan orang yang tidak suka merokok, kondisi tubuh relative lebih bersih dari radikal bebas.

  • Pelit

Menurut informasi yang dilansir  American Journal of Public Health mengatakan bahwa orang yang terlalu ketat menjaga asetnya, dan jarang memberi sesuatu justru memicu kecemasan berlebihan sepanjang hidupnya.  Berbeda dengan orang yang bermurah hati, suka sharing, dan peduli dengan sesama  dipercayai lebih awet muda.

  • Terobsesi dengan kecantikan dan usia

Wanita yang terobsesi dengan kecantikan ragawi dan berusaha menjaga penampilan agar tetap awet muda, justru berdampak kontraproduksi.  Orang tipe seperti ini tanpa disadari sedang mengalami proses penuaan lebih cepat.

  • Begadang

Kebiasaan begedang mengakibat jam tidur semakin berkurang. Apabila berlangsung dalam jangka panjang, menyebabkan fungsi otak semakin menurun. Orang jadi gampang lupa, mempercepat munculnya kerutan di wajah dan penurunan fungsi penglihatan.

  • Stress

Stress bisa menyebabkan terjadi penuan dini. Penyakit mental ini memang sekarang bisa menimpa siapa saja, dari orang tua hingga anak –anak. Beban masalah yang tidak segera diurai dapat menimbulkan tekanan mental. Sehingga menyebabkan gangguan metabolisme tubuh, seperti kulit menjadi keriput kusam, rambut cepat memutih, dan penurunan fungsi organ lainnya.

Sekian artikel sederhana tentang tujuh kebiasaan buruk yang menyebabkan cepat tua. Sadar akan pentingnya kesehatan membuat hidup lebih berguna dan berkwalitas.