Categories
Langsing

Gejala Maag Yang Patut Diketahui

Gejala maag tiba-tiba datang, kerap terjadi saat terlambat makan.  Penyakit ini timbul bukan disebabkan karena sebuah virus, atau bakteri, melainkan kebiasaan buruk telat makan atau menunda waktu makan. Sehingga lambung kerap kosong dan memicu naiknya kadar asam lambung. Akibatnya  organ pencernaan mengalami radang dan muncul luka.

Penyakit ini sifatnya kambuhan,  dengan artian bisa terjadi jika ada pemicunya. Demikian juga jika penderita tetap  mematuhi anjuran dokter dengan disiplin makan tepat waktu menghindari makanan dan minuman pencetus maag, dipastikan selama itu  gangguan lambung tidak akan kambuh lagi.  Jadi penyakit ini tergantung dengan sikap penderita sendiri.

Gejala maag Patut Diwaspadai 

Penyakit maag kambuh diawali gejala –gejala yang mudah dideteksi dengan cepat. Karena sifatnya menyerang pada perut. Beriktu ini tanda-tanda awal mula serangan maag :

  • Perut kembung

Pertama yang dirasakan adalah mendadak perut menjadi kembung.  Perut sangat terasa sesak atau sebah. Jika ditekan atau diraba perut terasa keras. Hal ini terjadi karena lambung dipenuh dengan gas.   Gumpalan gas muncul karena ada penguapan enzim yang keluar dari dinding lambung.

  • Terasa perih

Tak lama kemudian perut akan terasa perih dan melilit, seperti hendak buang air besar tapi tak pernah keluar.  Rasa perih disebabkan karena ada luka di dinding lambung. Luka ini disebabkan karena ada kenaikan kadar asam lambung.

  • Mual dan muntah

Gejala lain yang biasa terjadi adalah perut terasa mual, dan sering muntah. Setiap makanan yang ditelan akan dimuntahkan kembali. Jika sudah demikian, sebaiknya mengonsumsi makanan yang sifatnya halus seperti bubur, roti dan cereal.  Agar lambung tidak terlalu bekerja keras.

Tips mencegah agar maag tidak mudah kambuh

Diet memang dianjurkan untuk menjaga berat badan, tapi diet terlalu ketat dan malas sarapan atau makan malam, jelas kontraproduktif dengan tujuan diet. Alih –alih tubuh jadi langsing, justru penyakit maag malah menyerangnya.

Berikut ini tips singkat bagiamana cara mencegah penyakit maag agar tidak menyerang.

  • Makan tepat waktu

Cara yang paling ampuh mencagah maag mudah kambuh adalah selalu makan tepat waktu. Biasakan makan tiga kali sehari.  Jangan tunda waktu makan Anda hanya untuk mengerjakan hal –hal yang sepele.  Selain itu perhatikan asupan nutrisi pada setiap porsi makan Anda.

  • Hindari mengonsumsi makanan terlalu pedas

Hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan terlalu pedas, dalam jangka waktu lama kebiasaan makan pedas akan merusak fungsi lambung dan organ pencernaan lainnya.

  • Hindari makanan terlalu asam

Hindari juga kebiasaan menyantap makanan atau buah –buahan yang rasanya terlalu asam.  Karena rasa asam justru menyebabkan dinding lambung mudah terluka.

  • Hentikan kebiasaan minum kopi

Kopi merupakan minuman pemicu naiknya asam lambung.  Kalau Anda tetap ingin menikmati secangkir kopi, lakukan setelah makan.