Enam Sumber Makanan Bermanfaat Sebagai Anti Peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah kondisi tubuh dimana sedang mengalami penolakan terhadap virus atau bakteri yang masuk.  Inflamasi adalah kejadian alami yang bisa terjadi kapan saja. kondisi ini merupakan bagian dari fungsi kekebalan tubuh yang sedang bekerja.

Salah satu satu gejala inflamasi adalah jika kaki Anda terkilir kemudian terjadi pembengkakan. Ini menunjukan otot mengalami peradangan karena ada gerakan yang salah.  Maka bagian ini sedang regenrasi sel yang rusak.

Selain itu jika peradangan adalah bukti awal bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin. Misalnya gusi bengkak dan berdarah menunjukan tubuh kekurangan vitamin C. demikian juga panas dalam, menunjukan bahwa tubuh kekurangan serat.

Namun kwalitas imun tubuh setiap orang berbeda –beda, tergantung juga dengan jumlah asupan nutrisi yang diserap melalui makanan. Faktor usia juga mempengaruhi seberapa sering tubuh kena peradangan.

Enam Makanan Berfungsi sebagai Anti Inflamasi

Ada beberapa jenis sumber makanan yang mempunyai fungsi anti inflamasi.

  • Daun bawang

Daun bawang diyakini berkhasiat mencegah peradangan, mengeluarkan senyawa yang bersifat vasokonstriktor mengontraksi jaringan pembuluh darah serta mengontrol perfusi jaringan otot.

Daun bawang ini kerap dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat herbal di kalangan masyarakat China.  Kegunaan lain adalah untuk mencegah penyakit kardiovaskuler dan meningkatkan imunitas tubuh.

  • Buncis

Buncis merupakan salah satu super food dari kelompok sayuran. Makanan ini selain  kaya akan kandungan serat dan kalsium, juga berfunsi sebagai obat alami mencegah peradangan.

  • Apel merah

Makan apel merah bisa mempercepat pemulihan radang tenggorokan.  Kandungan quercetin yang membantu mengurangi rasa sakit  pada peradangan tonsil.

  • Pir

Pir hijau atau pir putih juga memiliki senyawa aktif meredakan peradangan dan anti inflamasi. Selain itu buah ini juga punya sifat diuretic melancarkan proses buang air kecil.

  • Kayu manis

Dari kelompok rempah –rempah  kayu manis juga punya peran penting menjaga kesehatan. Salah satu manfaat kayu manis sebagai antioksidan dan anti inflamasi.

  • Ikan tuna

Rutin mengonsumsi ikan tuna, membuat badan tidak mudah mengalami peradangan akibat ISPA, maupun infeksi  virus.  Kandungan protein pada ikan laut ini punya fungsi sebagai agen anti inflamasi dan melancarkan regenerasi sel.