Enam Makanan Wajib Disantap Pada Usia 50 Tahun

Enam Makanan Wajib Disantap Pada Usia 50 Tahun

Memasuki usia 50 tahun merupakan salah satu fase kita disudah tidak sebut muda lagi. Di usia kepala lima mulai nampak perubahan fisik secara signifikant termasuk kewalitas kesehatan dan performa energy.

Bagi pekerja atau karyawan pada usia kepala lima merupakan tahapan manusia memasuki masa pensiun atau selangkah lagi disebut sebagai manusia lanjut usia.   Di usia ini kesehatan pun semakin rentan, dan mudah sakit, karena imunitas tubuh sudah mulai berkurang.  Maka dari itu harus memperhatikan pola  makan yang benar dan asupan nutrisi harus dijaga.

Enam Makanan Wajib Disantap Pada Usia 50 Tahun

Ada beberapa jenis makanan yang porsinya dikurangi atau dihindari sama sekali, seperti makanan mengandung lemak,  mengandung kadar purin dan alcohol.   Berikut ini ada enam makanan  wajib disantap pada usia 50 Tahun :

  • Gandum

Gandum adalah makanan sumber karbohidrat dan kaya akan serat.  Karbohidrat sebagai makanan penghasil energy. Sementara serat alami berfungsi melancarkan proses pencernaan dan mengontrol kadar kolesterol LDL.

Makanan ini lebih aman dari pada nasi putih, sangat tepat bagi penderita hipertensi dan diabetes miletius.

  • Kacangan merah

Kacang merah kaya akan protein nabati, vitamin B komplek, vitamin E dan Kalium. Protein melancarkan proses pergantian sel, sementara kalium dapat menekan kelebihan kadar galam dalam darah yang memicu hipertensi.

  • Kentang

Kentang merupakan alternatif sumber karbohidrat selain nasi. Makanan yang tergolong umbi –umbian ini jauh lebih menyehatkan dari pada nasi putih.  Lebih mudah dicerna  karena sifatnya lembek, aman bagi penderita gangguan lambung.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau menjadi menu wajib yang harus disantap bagi orang berusia 50 tahun. Sayuran berwarna hijau tua banyak mengandung senyawa antioksidan dosis tinggi.   Zat ini efektif menangkal radikal bebas dan bersifat anti racun.

  • Ikan laut

Omega 3 yang terdapat pada ikan laut sangat berguna diusia tua guna meningkatkan ketajaman, dan menguatkan memori otak. Selain itu menurut anjuran dokter syaraf, disarankan lebih sering menyantap ikan laut guna mencegah kepikunan.

  • Buah –buah

Kandungan vitamin C pada buah –buahan segar dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan regenerasi sel dan mempercepat proses penyembuhan.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang enam makanan wajib disantap pada usia 50 tahun.