Categories
Langsing

Enam Macam Makanan Sumber Karbohidrat Bikin Tubuh Langsing

Kelebihan karbohidrat bisa menyebabkan badan tambah melar. Selama ini kita tidak  menyadari dengan porsi nasi yang banyak saat sarapan atau makan malam. Karbohidrat yang tidak dipakai oleh tubuh akan disimpan jadi lemak di dalam jaringan kulit  terutama di pinggang dan perut.

Nasi putih menjadi biang keladi dari kegemukan selain itu juga terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan junk food dijamin dalam hitungan pekan bobot Anda bertambah. Kalau sudah gemuk jelas Anda akan kesulitan menurunkan berat badan pada bentuk ideal. Tak ada cara tepat selain diet dan berolah raga.

Namun tahukah Anda ada beberapa jenis makanan sumber karbohidrat yang efektif bikin tubuh langsing.  Bahkan lebih menyehatkan dari pada nasi putih, yang Anda konsumsi tiap hari.

Enam Jenis Makanan Sumber karbohidrat Bikin Tubuh Langsing

Inilah deretan makanan sumber energy pengganti nasi, yang bisa dimasukan dalam menu diet harian :

  • Kentang

Kentang sangat dianjurkan dikonsumsi tiap hari bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Kentang mengandung karbohidrat lumayan tinggi.  Selain itu juga randah kandungan glukosanya. Kadar vitamin B kompleks tinggi.  Kentang cukup efektif membikin tubuh langsing.

  • Ketela

Alternatif lain adalah ketela / cassava, sumber karbohidratnya lumayan tinggi, dan kandungan Vitamin B kompleks bermanfaat membangun imun tubuh lebih kuat.  Kandungan karbohidratnya memberikan rasa mengenyangkan cukup lama.

  • Ubi jalar

Ubi jalar termasuk makanan rendah kalori, kandungnya hanya 350 – 400 kalori.  Sangat mendukung sebagai makanan untuk diet. Ubi jalar lebih nikmat disantap dengan cara di rebus hingga matang.  Rasanya manis dan mengandung banyak air.

  • Jagung

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi putih. Di sebagian masyarakat Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokok, seperti di Madura, Flores dan Wonogiri Jawa Tengah. Karbohidrat komplek pada satu porsi nasi jagung bisa membuat energy Anda bertambah kuat dan tidak menyebabkan kegemukan.

  • Kacang hitam

Kacang hitam / black bean  bisa dipilih sebagai makanan sumber energy. Kacang jenis ini terdapat kandungan protein, karbohidrat, serat dan mineral.