Enam Langkah Tepat Menjaga Liver Agar Tetap Sehat

Enam Langkah Tepat Menjaga Liver Agar Tetap Sehat

Liver merupakan organ sangat penting penunjang hidup manusia. Fungsi liver atau hati adalah sebagai penyaring racun  dan zat berbahaya yang terdapat pada darah. Selama ini kita tidak begitu sadar akan pentingnya menjaga organ ini.   Padahal liver sangat sensitive terhadap gangguan metabolisme, maupun infeksi virus.

Ketika hati meradang akibat infeksi virus atau terlalu banyak kandungan racun memicu penyakit hepatitis. Ada tiga tingkatan gangguan fungsi hati yakni Hepatitis A, B, dan C.  Jika tidak segera disembuhkan maka fungsi liver akan menurun dan menyebabkan kerusakan parah atau sirosis.  Jika sudah demikian bisa berujung pada kematian.

Penyakit hepatitis disebabkan dari pola hidup tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, makanan instant. Terlalu sering berada di lingkungan beracun juga memicu kerusakan fungsi liver.

Tips mudah menjaga kesehatan liver :

Sebenarnya melakukan perawatan kesahatan hati atau liver sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya.  Anda hanya perlu komitmen menjalankan pola hidup sehat saja.  Penyakit hati kebanyakan disebabkan karena pola hidup tidak sehat, pengaruh makanan dan  terpapar zat beracun.

  • Pilihan makanan berfungsi sebagai detoks

Langkah pertama konsumsi makanan dan minumnya yang melancarkan proses detoksifikasi tubuh. Serta mengandung senyawa antikosidan tinggi seperti jeruk, brokoli, bawah putih, sayuran hijau. Selain itu juga pilih buah –buahan yang bersifat diuretic atau peluruh racun. Contohnya seperti semangka, buah pir, bengkuang, melon dan jenis buah yang mengandung banyak air.

  • Batasi konsumsi makanan instant

Langkah kedua batasi memakan makanan instant, makanan yang dikemas dalam kaleng, mengandung bahan perwarna dan pengawet. Sebab jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama menimbulkan kerusakan hati.

  • Pola hidup bersih

Biasakan melakukan pola hidup sehat, tidak merokok, rutin berolahraga. Tidur teratur, serta kendalikan stress agar metabolsime tubuh tidak terganggu.  Selain itu biasakan mencuci tangan sebelum makan, atau setelah memegang benda –benda beracun.

  • Hindari konsumsi makanan berlemak

Jangan terlalu banyak menyantap makanan dan minuman yang mengandung lemak tinggi. Seperti daging merah, fast food,  ayam dan  sebagainya.  Timbunan lemak dapat menekan fungsi hati, sehingga organ ini tidak bisa bekerja maksimal.

  • Jangan minum minuman beralkohol

Hentikan kebiasaan minum minuman keras dengan kadar alcohol tinggi.  Kecanduan minuman keras, akibat jangka panjangnya beresiko besar terkena sirosis  / gagal fungsi hati.

  • Hindari pencetus penyakit liver

Langkah terakhir perbuatan pencetus penyakit liver seperti  jangan ganti –ganti partner seks, hentikan kecanduan narkoba terutama yang menggunakan jarum suntik.