Categories
Diet

Enam Langkah Diet Golongan Darah A

Diet golongan darah adalah program diet yang dirancang untuk menurunkan berat badan sesuai dengan karakter golongan darah manusia.  Setiap manusia mempunyai golongan darah berbeda, ada jenis golongan A, O, B, dan AB.

Adalah Peter D’Adamo seorang dokter spesialis naturopati yang merancang diet golongan darah. Menurutnya karaktristik golongan darah seseorang ternyata mempengaruhi sistem pencernaan. Jadi setiap efek makanan terhadap golongan darah tertentu dapat mempengaruhi efek berbeda terhadap kondisi tubuh.  Dia melakukan penelitian dengan berpegang sebuah landasan teori, bahwa setiap golongan darah mencerna zat laktin secara berbeda.

Sementara laktin adalah sejenis protein yang terdapat pada makanan.  apabila kadar laktin pada makanan tidak sesuai dengan karakter golongan darah, efeknya berbeda seperti kegemukan, kembung, alergi dan sebagainya.

Maka dari itu perlu diperhatikan pola makan agar tidak mengalami kegemukan. demikian pula ketika mengontrol berat badan perlu diperhatikan diet yang tepat sesuai dengan golongan darahnya.

Berikut ini adalah diet bagi mereka yang memiliki golongan darah A.

  • Makan ikan

sumber protein hewani untuk golongan darah A direkomendasikan mengonsumsi semua ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Makan ikan tidak menimbulkan kegemukan, kandungan protein dan omega 3 baik untuk menjaga fungsi jantung.

  • Pantangan telur

Selama menjalankan diet ini hindari dulu makan telur ayam, baik itu direbus maupun digoreng.   Alternatif lain adalah tempe atau tahu yang mengandung protein nabati.

  • Kurangi gorengan

Hindari makanan yang digoreng dengan minyak sawit atau minyak kelapa.  Minyak goreng jenis ini mengandung banyak kolesterol jahat. Solusinya ganti dengan minyak zaitun maupun minyak wijen.

  • Kacang – kacangan

mengonsumsi kacang kacangan bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk golongan darah A.  Kacang selain  kaya akan protein nabati, juga mengandung zat besi dan zink memicu produksi darah.

  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Semua jenis sayuran hijau aman bagi pemilik golongan darah A.  sayuran hijau kaya akan serat dan vitamin.

  • Sumber karbohidrat

Sementara untuk makanan sumberkarbohidrat direkomendasikan adalah jagung,  roti gandum dan ketela.