buah kiwi

Enam jenis makanan menghambat proses penuaan

Memasuki usia kepala tiga adalah fase mulai proses penuaan pada organ tubuh seperti kulit, rambut, fungsi pendengaran, memori dan indera lain.   fase ini sebenarnya bisa terjadi pada semua orang.  Proses penuaan juga bisa datang jauh lebih cepat dari usia yang semestinya.  Kasus penuaan dini ini dipicu dari sejumlah faktor seperti stress, penyakit, pengaruh obat –obatan, dan polusi.

Namun tahukah Anda proses bisa dicegah perkembangannya dengan cara melakukan pola hidup sehat dan mengatur menu makanan yang bernutrisi tinggi.  Misalnya rutin mengonsumsi buah –buahan yang kaya akan vitamin C dan senyawa anti oksidan tinggi.  Fungsi senyawa alami ini menangkal radikal bebas zat polutan yang menyebabkan kulit menjadi kusam.   Vitamin  C dapat merangsang produksi kolagen untuk mengencangkan kulit.

 Berikut ini ada enam jenis makan sehat yang dapat melambatkan proses penuaan :

  1. Alpukat

Vitamin E pada alpukat matang  berguna bagi kesehatan kulit dan rambut.  Kandungan kalium dapat memberikan keseimbangan pada syaraf otak agar tetap menjaga ketajaman memori.

  1. Anggur

Semua jenis anggur berfungsi mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.    Vitamin C dan mangan, dapat membersihkan tubuh dari kotoran dan zat beracun.

  1. Buah kiwi

Sering menyantap buah kiwi, diyakini dapat menghambat proses penuaan dari dari dalam maupun luar. Kadar vitamin C jauh lebih banyak dari jeruk. Nutrisi ini melancarkan proses regenerasi jaringan sel di seluruh tubuh.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C dosis tinggi. Nutrisi ini punya peran ganda menjaga kesehatan secara paripurna.  Kandungan antioksidan dapat menangkal radiasi, polusi udara dan memulihkan kulit kusam kembali halus.

  1. Pisang

Jangan remehkan pisang, buah tropis ini selain sebagai sumber energy juga berkasiat menjaga kesehatan kulit.  Vitamin B6 berkasiat menjaga kulit agar tidak cepat kriput karena termakan usia.  Selain itu daging pisang yang matang, dapat menurunkan resiko kanker kulit.

  1. Semangka

Kandungan air dalam semangka yang banyak vitamin C ini dapat menjaga kulit dan organ dalam agar tetap berfungsi semestinya. Mencegah proses penurunan fungsi organ. Selain itu kandungan mineral pada semangka berfungsi melindungi persendian, mengurangi resiko pengapuran.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang enam jenis buah –buahan segar yang dapat menghamba t proses penuaan dan menjaga penampilan agar terkesan awet muda. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.