Categories
Makanan Sehat

Enam Fakta Sebaiknya Anda Ketahui Tentang Ganggang Hijau

Ganggang hijau adalah sejenis biota laut yang banyak ditemukan diperairan Indonesia. Tanaman air ini sejak lama dicari untuk dikonsumsi manusia.   Ganggang ini hidup diperairan laut dangkal maupun laut lepas.   Terutama perairan tropis di mana tempetarur air tidak begitu dingin.  Sentra penghasil ganggang hijau terbaik ada di Indonesia timur seperti Lombok, Ternate, Maluku dan sekitar.  Di wilayah tersebut perairannya masih relative rendah tingkat polusinya.

Tanaman ini sekarang sebagai komoditas menguntungkan, dipakai untuk pasokan industri pangan, obat-obatan maupun kosmetik.

Kandungan nutrisi pada ganggang hijau sangat lengkap, seperti serat, vitamin B komplek, kalori dan beberapa jenis mineral.     Kandungan kalsium sangat tinggi, sangat bermanfaat memicu pertumbuhan tulang dan gigi di masa anak –anak.  Serta menjaga kesehatan tulang dari gangguan pengapuran dan osteoporosis pada orang tua.

Berikut ini ada enam fakta tentant ganggang hijau

  • Kadar senyawa beta karoten sangat tinggi, cukup efektif menangkal penyakit kardio vaskuler. Mampu melawan pertumbuhan sel kanker dalam darah.
  • Kandungan antioksidan pada ganggang hijau segar, berperan menangkal radikal bebas. Menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang dan lembab. Selain itu keunikan antioksidan pada biota laut ini dapat melancarkan metabolisme tubuh agar tetap berlangsung secara normal.
  • Fungsi serat alami, dapat melancarkan kinerja usus besar dan mengikat lemak yang terdapat pada daging merah agar tidak mengendap jaringan kulit.
  • Asam animo berkasiat menjaga kesuburan organ reproduksi wanita. bagi Anda yang ingin cepat hamil disarankan untuk mengonsumsi ganggang hijau secara teratur dan terukur.
  • Ganggang dinilai sebagai sumber makanan menandung alkali dosis tinggi. Cukup efektif menguruskan badan dalam waktu singkat. Kadar alkali hingga 80% jauh lebih tinggi dari pada makanan lainnya.
  • Ganggang hijau bisa dijadikan sebagai makanan sehat penambah produksi sel darah merah. Dengan kata lain berkasiat mengobati lemah darah atau anemia.

Sampai disini ulasan enam fakta seputar manfaat ganggang hijau untuk menjaga kesehatan. Masih banyak produk hayati laut berguna menunjang kesehatan dan kesejahteraan manusia.