Categories
Tips Sehat

Empat Tahap Makan Yang Benar Jaga Kesehatan

Kwalitas kesehatan sebenarnya berasal dari apa yang kita makan sehari –hari, termasuk proses mengolahnya. Tak selamanya makanan lezat itu baik untuk tubuh dan menyehatkan. Demikian pula anggapan bahwa tidak selamanya makanan tak lezat itu tidak menyehatkan.  Justru makanan yang baik dan menyehatkan sangat minim dengan rasa dan bumbu tambahan.

Terkadang kita terlalu memanjakan lidah dengan memilih makanan yang enak saja. Misalnya menambah berbagi macam bumbu, penyedap rasa dan garam, agar memenuhi selera makan kita.  Demikian pula memilih menyantap makanan cepat saji dari pada repot –repot memasak sendiri di rumah. Padahal di balik itu semua berdampak merusak kesehatan.

Misalnya saja mengonsumsi banyak garam,  terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman terlalu manis bakal memicu penyakit degenaratif. Bahkan junk food seperti pizza, fried chicken dan kentang goreng adalah penyebab utama obesitas dan kanker usus besar. 

Sudah saatnya kita sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan memilih makanan yang baik untuk tubuh saja.  Ingat sehat itu investasi yang tak ternilai harganya.  Apalagi diera  modern, kesehatan itu harganya mahal.

Empat Tahap Pola Makan Yang Baik dan Benar  

Ada empat langkah mudah bagaiamana cara memilih makanan yang benar agar tubuh tetap sehat. Berikut ini adalah penjelasan dari empat point penting yang patut diingat.

  • Pilih makanan segar dari pada makanan olahan

Menu sehari –hari biasakan memilih makanan segar seperti sayuran hijau, ikan laut, dan buah –buahan. Hindari terlalu sering mengonsumsi makanan olahan atau awetan, karena makanan tersebut sudah diberi bahan pengawet, zat pewarna dan yang pasti kadar nutrisinya sudah berkurang.

  • Lebih baik konsumsi sayuran dan buah –buahan

Lebih baik mengonsumsi sayuran dan buah –buahan segar dari pada menyantap camilan atau fast food untuk memenuhi hasrat ngemil.

  • Air putih dan minuman jus buah lebih baik dari soft drink

Perbanyak minum air putih untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga kelembaban kulit dan fungsi pencernaan.

  • Jangan santap junk food

Hentikan kebiasaan menyantap junk food untuk mengatasi rasa lapar. Sebaiknya pilih menu yang sehat dengan nutrisi seimbang.

Sekian ulasan singkat tentang pola makan yang baik dan benar agar tubuh tetap sehat.