Categories
Makanan Sehat

Empat Manfaat Chia Seed

Meski belum begitu familiar di kalangan masyarakat Indonesia, tapi belakangan ini  chia seed sedang naik daun, menjadi bahan obrolan terkait dengan manfaatnya.  Chia seed merupakan jenis biji –bijian diambil dari tanaman Salvia hispanica. Tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan dataran Amerika Latin.

Namun karena manfaatnya sangat berguna bagi kesehatan, tanaman Salvia Hispanik mulai dibudidayakan di Indonesia untuk diambil bijinya.

Chia seed bisa diolah untuk bahan campuran makanan dan minuman. dari segi rasa biji chia sendiri rasanya cenderung hambar. Meski pun demikian ada banyak nutrisi yang terkandung dari sebutir kecil biji chia.  Kandungan nutrisi antara lain asam lemak omega 3, karbohidrat, kalori, zat besi, mangan dan fosfor.

Chia seed  apabila di makan menimbulkan sensasi mengenyangkan, sehingga bisa menekan rasa lapar cukup lama. Cocok dipakai untuk menu diet harian dan mengontrol berat badan.

Empat manfaat chia seed

Menurut penelitian ahli nutrisi dari Amerika Serikat, kandungan nutrisi biji chia ini punya manfaat penting mendukung kesehatan dan menjaga berat badan.

  • Menurunkan berat badan

Kandungan kalori pada biji – bijian ini cukup rendah, tapi kaya akan fiber. Sehingga bermanfaat untuk menjaga berat badan. Mengurangi timbunan lemak dan menjaga kesehatan organ pencernaan.

  • Baik bagi penderita divertikulosis

Bagi Anda yang mengidap divertikulosis (kantung yang terbentuk di dinding usus dan menonjol ke luar ke rongga perut), mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat memperlancar pergerakan usus dan memungkinkan lebih banyak air terserap dalam usus besar. Selain itu, makanan berserat juga dapat mengurangi peradangan dan tekanan di usus besar.

  • Berperan sebagai detoks dan pencernaan

chia seed diparcaya membantu tubuh melancarkan sistem detoksifikasi secara alami. membantu kesehatan organ hati dan  limpa.  Kandungan antioksidan cukup tinggi, berguna mencegah zat beracun dan radikal bebas.

  • Diabetes

Chia mengandung serat cukup banyak sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah. makanan ini direkomendasi untuk penderita diabetes miletius tipe 2.