Categories
Tips Sehat

Empat Langkah Pantangan Asam Urat Agar Cepat Tidak Kambuh

Pantangan asam urat  merupakan  jalan satu –satunya untuk mengendalikan penyakit ini agar tidak mudah kambuh.  Pasalnya asam urat atau gout arthritis tidak bisa disembuhkan total seperti sedia kalanya, hanya bisa dikendalikan kadar asam urat dalam darah.

Penyakit ini timbul dari dari kebisaan mengonsumsi jenis makanan tertentu dalam waktu yang lama.  Dulu penyakit asam urat lebih dikenal sebagai penyakit para raja atau priyayi. Mengapa? Karena penyakit ini berasal dari makanan dan mewah seperti jeroan, kacang mete, seafood, keju dan sebagainya.

Makanan tersebut ternyata mengandung purin tinggi, dan kelebihan purin dalam tubuh tak mampu dinetralisir oleh ginjal, sehingga menyebabkan penumpukan Kristal purin di persendian.  Jika sudah demikian, gejala yang timbul antara lain merasa nyeri di persendian jari kaki, telapak tangan dan ruas –ruas di jari tangan.

Bagi orang yang belum tahu, mengira bahwa rasa nyeri tersebut karena kelelahan  dan bisa dipulihkan dengan dipijat.  Pada  serangan tahap kedua intensitas rasa nyeri semakin tinggi dan berlangsung lama, biasanya  dirasakan pada pagi hari setelah bangun tidur.

Pada tahap ini Anda disarankan segera periksa ke dokter. Namun agar asam urat tidak mudah kambuh sebaiknya patuhi pantangan asam urat.

Pantangan asam urat

Pantangan asam urat atau tidak mengonsumsi makanan pemicu asam urat, menjadi solusi paling tepat untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.  Ada beberapa jenis makanan dan bahan makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap gout arthystis.

  • Kacang mete, kacang tanah, kacang merah

Kacang –kacangan menempati urutan pertama makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti kacang mete, kacang tanah, kacang merah dan sebagainya.

  • Susu dan keju

Makanan yang terbuat dari olahan susu, seperti keju, yogurt mayonese sebaiknya dihindari, sebab jenis makanan ini memicu  asam urat.

  • Bayam, kembang kol

Jenis sayuran yang tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah bayam, kembang kol, sawi dan asparagus.

  • Bir, minuman keras, softdrink

Ada beberapa jenis minuman yang tidak boleh disentuh oleh pengidap asam urat,antara lain bir, minuman keras, sofdrink dan minuman yang diproses melalui fermentasi / peragian.